PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SD ISLAM AL FATTAH SEMARANG

Nur Hidayah, Ikha Listyarini, Mei Fita Asri Untari

Abstract


Latar belakang penelitian ini karena belum optimalnya proses dan hasil belajar matematika siswa kelas I SD Islam Al Fattah Semarang. Tujuan penelitian ini untuk dapat meningkatkan hasil belajar Matematika khususnya pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan semester genap SD Islam Al Fattah Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian Tindakan kelas ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan (1) ketuntasan belajar klasikal mencapai 60%, (2) keaktifan siswa mencapai 67%, (3) rata-rata hasil belajar 70. Pada siklus II menunjukkan (1) ketuntasan belajar klasikal mencapai 77%, (2) keaktifan siswa mencapai 79%, (3) rata – rata hasil belajar 75,90. Pada siklus II menunjukkan (1) ketuntasan belajar klasikal mencapai 88%, (2) keaktifan siswa mencapai 87%, (3) rata-rata hasil dari belajar 83,40%. Jadi presentasi hasil belajar dan keaktifan siswa pada siklus I, II dan III mengalami peningkatan tiap siklusnya. Disimpulkan bahwa (1) Mempermudah guru Dalam meningkatkan hasil belajar matematika (2) Pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. (3) Pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning tercapainya ketuntasan belajar matematika.

Keywords


hasil belajar, problem based learning, pendidikan dasar.

Full Text:

PDF

References


Amalia, E., Surya, E., & Syahputra, E (2017). The Effectiveness of Using Problem Based Learning(PBL)

Arikunto,Suharsimi,2018.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal.2013.Model -Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Invovatif.Bandung : Yrama Widya.

Dimyati dan Mudjiono, 2009. Pembeljaran Matematika di SD. Jakarta : Rineka Cipta

Gatot, Musetyo,2010. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta : Universitas Terbuka

Heruman ,2007.Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.

Purwanto. 2018.BSE Matematika Untuk SD/MI Kelas I. Jakarta : Pusat Perbukuan.

Slameto. 2018. Belajar dan Faktor – Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, Nana.2011. Dasar – dasar ProseSus Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, Agus.2009. Cooperative Learning Teori dan aplikasi Paikem. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Zainal. Aqib. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 nur hidayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â