KEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA SDN 3 KETILENGSINGOLELO KAB. JEPARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Ipas siswa kelas IV. Tujuan yang hendak dicapai penelitian ini adalah untuk mengetahui Keefektifan Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS pada materi perubahan wujud benda kelas IV SDN 3 Ketilengsingolelo Kab. Jepara dilihat pada ketuntasan belajar, motivasi dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk satu kelompok pretest – posttest . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 3 Ketilengsingolelo Kab. Jepara tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang diambil adalah 38 siswa kelas IV dengan menggunakan teknik Cluser Random Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, observasi dan angket. Hasil analisis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa melalui model Problem Based Learning pada aspek kognitif mengalami peningkatan. Hasil belajar yang awalnya memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,74 dan setelah diberikan perlakuan (Problem Based Learning) diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,82. Sedangkan Hasil belajar aspek afektif kelas IV memiliki presentase kedisiplinan sebesar 84%, kerjasama 83%, dan percaya diri 79%. Dan aspek ketrampilan mendapatkan rata-rata 84. Berdasarkan hasil uji t diketahui t hitung lebih dari t tabel (3,7 > 1,675) sehingga ditolak diterima. Kesimpulannya bahwa melalui Model Problem Based Learning efektif terhadap Hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar dan dapat digunakan untuk meningkatkan semangat dan keaktifan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansah, Febrian. 20014. “Peningkatan Partisipasi Belajar IPA melalui Penerapan Strategi Pembelajaran PBL (Problem BasedLearning) pada Siswa Kelas V SDN 3 Tanjungrejo Tahun Pelajaran 2013/2014â€. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arikunto,Suharsimi.2010.“Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikâ€. Jakarta: Rineka Cipta.
Asih, Cicik Budi. 2013. “Peningkatan Kreativitas Belajar Ipa Melalui Strategi Problem Based Lerning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN Tluwah Tahun Pelajaran 2012/2013â€. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Budiyono. 2009. “Statistika Dasar untuk Penelitian (Jilid 2)â€. Surakarta: UNS Press.
Cynthia S. Johnson, Shannon Delawsky. 2013. “Project-Based Learning And Student Engagementâ€. Academic Research International. Vol. 4 No. 4 halaman 567.
Darmawan Deni. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatifâ€. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kosasih. 2014. “Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013â€. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Krajcik, Joseph S. Phyllis C. Blumenfeld. 2006. “Project Based Learningâ€. The Cambridge Handbook of the Learning Sciences. Cambridge University Press.
Mc Donald, Emma, dan Dyan M Hershman. 2011. “Guru dan Kelas Cemerlang, Menhidupkan dan Meningkatkan Pengajaran di daam Kelasâ€. Jakarta Barat: PT Indeks.
Wahyono, Budi, dan Setya Nurachmandani. 2008. “Ilmu Pengetahuan Alam 4 Untuk Sd Mi Kelas 4â€. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19598
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nur Ida Dwi Setyowati, Suyitno, Filia Prima Artharina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.