PROSES KREATIVITAS PEMBUATAN KARYA KOLASE DENGAN PEMANFAATAN MEDIA SAMPAH DAUN DI KELAS 01 SDN KARANGREJO 01
Abstract
Pendidikan memiliki pengertian secara khusus dan umum yaitu usaha manusia untuk mematangkan bakat dan potensi yang dimiliki manusia sejak lahir baik secara rohani maupun jasmani, sesuai dengan nilai – nilai budaya dalam kehidupan bermasyarakat. Kontesks penelitian ini adalah untuk mengetahui proses krativitas siswa kelas I SD Negeri Karangrejo 01, kota Semarang dalam membuat karya seni kolase. penelitian ini berfokus pada kreativitas siswa dalam memanfaatkan sampah daun sebagai media untuk berkaryanya. Siswa masih kurang dalam hal berkreativitas sehingga siswa masih perlu dilatih untuk mengasah kemampuan mereka dalam berkarya atau berkreativitas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, karena peneliti menggunakan pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi untuk kredibilitas data. Hasil dari penelitian ini diikuti oleh 16 siswa dengan memilih 6 gambar yaitu rumah, buah anggur, ikan, mobil, burung hantu, dan bunga, dengan kreativitas, inovasi, kelancaran, dan kebersihan menjadikan karya siswa kelas I ini enak di pandang dan dinikmati. Namun siswa juga masih memiliki kekurangan dalam membuat karya seninya ini. Ada siswa yang kurang dalam berinovasi, tidak menggunakan kombinasi warna yang ada pada daun, dan masih kurang dalam kelancarannya. Dalam hal ini siswa masih perlu berlatih dalam berkreativitas sehingga siswa mendapatkan manfaat dari kegiatan yang telah dilakukannya. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran dari peneliti yaitu siswa perlu berlatih dalam kreativitas, dalam proses berkreativitas siswa diajarkan untuk sabar, teliti, dan berinovasi. Guru hendaknya memberikan konsep gambar saat pada siswa sehingga siswa bisa menghasilkan karya seni yang lebih beragam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, P., & Hadiwibowo, I. (2023). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan limbah daun kering menjadi sebuah karya seni kolase. Dimasejati : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 96–105. https://doi.org/10.24235/dimasejati.202351 5(1),
Anggraeni, S. N., Mulyana, E. H., & Giyartini, R. (2021). Pengembangan bahan ajar kolase untuk memfasilitasi pembelajaran seni rupa anak usia dini. Jurnal PAUDAgapedia,https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/39659. 5(1), 10–21.
Astuti, P. (2021). Peningkatan hasil belajar melalui media kolase pada pembelajaran tematik siswa kelas Iv sekolah dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan,. https://doi.org/10.21009/pip.351.5
Budiana, I. (2019). Peran pendidikan karakter dan kreativitas siswa dalam menghadapi era revolusi industri 4 . 0. Jurnal Madani. https://jurnalmadani.org/index.php/madani/article/view/76 2(2).
Damayanti, D. (2022). CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Penerapan media kolase untuk meningkatkan kreativitas pada anak kelompok B. online. Jurnal Mahasiswa IKIP Siliwangi,
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/12120 5(5), 2614–4107.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal ilmiah kesehatan masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. Https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan keterampilan motorik halus berbantuan media kolase pada anak usia dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita
Putri1, T. Z., Fauzi, & Fitri, A. (n.d.). Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Kolase Dengan Pemanfaatan Daur Ulang Sampah Di Kelas IV SD Negeri Garot Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa., ekitar 8 hasil (0,44 detik) https://jim.usk.ac.id › pgsd › article › download.
Ruhansih, D. S. (2017). Efektivitas Strategi Bimbingan Taestik untuk Pengembngan Religiusitas Remaja ( Penelitian Kuasi Eksperiment Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Dalam Pendidikan.1(1), 1-10,Https://doi.org/10.22460/q.v1i1-10.497
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Alfabeta.
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19642
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Naim Khoirudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSNÂ 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Â