PENGEMBANGAN DESAIN PERMAINAN BERBASIS ADVENTURE EDUCATION DALAM KEMAMPUAN MOTORIK KELAS II SEKOLAH DASAR

Diana Agustina, Asep Ardiyanto, Ferina Agustini

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan motorik siswa dan belum adanya inovasi dalam pembelajaran PJOK pada SD Negeri 5 Meteseh. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah pengembangan desain permainan berbasis Adventure Education dalam kemampuan motorik kelas II sekolah dasar.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kevalidan pengembangan desain permainan berbasis Adventure Education dalam kemampuan motorik fase A Kelas II sekolah dasar, 2) Untuk mengetahui kepraktisan pengembangan desain permainan berbasis Adventure Education dalam kemampuan motorik fase A Kelas II sekolah dasar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain permainan berbasis Adventure Education tersebut mendapatkan hasil penilaian yang diperoleh dari ahli model permainan sebesar 95,76% dengan kriteria “Sangat Layakâ€, sedangkan dari hasil penilaian yang diperoleh dari ahli materi sebesar 84,67% dengan kriteria “Sangat Layakâ€. Hasil angket kepraktisan hasil angket tanggapan guru PJOK memeroleh persentase skor “89,23%†dengan kriteria “Sangat Praktisâ€.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan desain permainan berbasis Adventure Education dalam kemampuan motorik fase A Kelas II sekolah dasar valid, layak dan praktis digunakan

Keywords


Adventure Education, Motorik

Full Text:

PDF

References


Aliriad, H., Da’i, M., Adi, S., & Apriyanto, R. (2023). Strategi Peningkatan Motorik untuk Menstimulus Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Aktivitas Luar Ruangan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4609–4623.

Ardiyanto, A., Sukoco, P., Purwanto, S., Khanifah, R. N., & Sundari, R. S. (2023). Pengembangan Model Permainan Berbasis Outbond Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab untuk Anak. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 61–69.

Irawan, R. J. (2022). Studi Literatur: Efektivitas Modifikasi dalam Permainan Tradisional pada Eksistensi Permainan Anak Era Generasi Z. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(01), 129–136.

Joleha, S., Suyitno, S., & Ardiyanto, A. (2023). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Minat Belajar pada Tema 1 Subtema 1 Kelas V SDN Harjosari Lor 05 Kabupaten Tegal. Cerdas Mendidik, 2(2).

Kanca, I. N. (2018). Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1), 21–27.

Nasution, N. S., & others. (2018). Pengembangan Kecerdasan Sosial Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Education Dalam Pendidikan Jasmani. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 73–80.

Octina, W. D., Ardiyanto, A., & Agustini, F. (2023). Pengembangan Model Permainan Berbasis Outbound dalam Menanamkan Karakter Jujur Kelas III Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 469–477.

Ririn, R. (2020). Implementasi Kegiatan Bermain Outdoor dalam Mengembangkan Motorik Kasar di TK PKk Banjarjo Pudak Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Satria, M. H., Aliriad, H., Kesumawati, S. A., Fahritsani, H., Endrawan, I. B., & S, A. (2023). Model Pengembangan Keterampilan Motorik My Home Environment terhadap Anak Disabilitas Intelektual. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini; Vol 7, No 2 (2023)DO - 10.31004/Obsesi.V7i2.4415 . https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/4415

Seso, F., Laksana, D. N. L., & Kaka, P. W. (2021). Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Tema Berbagai Pekerjaan Bermedia LKS Budaya Lokal Ngada Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Inerie. Jurnal Citra Pendidikan, 1(1), 59–69.

Sinawang, I. P., Arrdiyanto, A., & Agustini, F. (2023). Pengembangan Model Permainan Berbasis Outbound dalam Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 236–244.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suherman, A. (2018). Kurikulum Pembelajaran Penjas. UPI Sumedang Press.

Triyanti, T. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Gerak Lokomotor Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Sari Mulya Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo. ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33–56.

Widiyatmoko, F. A., & Hudah, M. (2017). Evaluasi Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2).




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Diana Agustina, Asep Ardiyanto, Ferina Agustini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â