POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA BUMIAYU KABUPATEN PATI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Sikap Kemandirian Anak Sekolah Dasar di Desa Bumiayu Kabupaten Pati. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar pada anak di Desa Bumiayu yang masih kurang. Hal ini terlihat saat wawancara yang menunjukkan saat anak mendapatkan tugas sekolah, anak masih bergantung kepada orang tua untuk mengerjakan. ada yang belum bisa mempersiapkan alat makan mereka sendiri. Ada yang saat makan lebih suka disuapin oleh orang tua. Beberapa anak belum bisa membantu pekerjaan rumah orang tuanya seperti cuci piring setelah makan atau membantu menyapu lantai dan beberapa anak sering menangis dan merengek ketika permintaanya tidak dituruti. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif diskriptif yang akan dilaksanakan di Desa Bumiayu kecamatan wedarijaksa kabupaten Pati dengan subjek penelitian 3 siswa kelas 4 dan 3 orang tua/wali murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan Orang tua yang berprofesi sebagai guru dan ibu rumah tangga menerapkan pola asuh demokratis. Hal ini karena orang tua memiliki banyak waktu bagi anak untuk mengajarkan, mendampingi, mengingatkan dan mengarahkan anak bagaimana bertindak mandiri. Sementara itu bagi orang tua yang berprofesi buruh pabrik lebih menerapkan pola pengasuhan permisif dengan membiarkan anak sesuai keinginannya. Hal tersebut dikarenakan orang tua tidak banyak memiliki waktu untuk mengajarkan, mendampingi, mengingatkan dan mengarahkan anak bagaimana bertindak mandiri. Karena sebagian besar waktunya digunakan untuk bekerja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Silahuddin, S. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini.Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 18-41
Maulidyah, P. (2015). Upaya Guru dalam Melatih Kemandirian Siswa Usia Dini Menurut Konsep Penyadaran Paulo Freire di Tk An-nayara Oma View Malang. Jurnal Mahasiswa Sosiologi, 2(4), 1-19
Tsani, I. L., Herawati, N. I., & Istianti, T. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1-12
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152-160
Suci, A. K. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pengembangan Karakter Disiplin Anak Remaja. Jurnal Rontal Keilmuwan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1)
Aulina, Choirunnisak.2013. Penanaman kemandirian pada anak usia dini: Jurnal Pedagogia Vol.2 No.1
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19647
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fiona Afiola Nandi Hendra Prihantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSNÂ 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Â