ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS III SD NEGERI 2 PUGUH KABUPATEN KENDAL
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar seri siswa kelas III SD Negeri 2 Puguh Kabupaten Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan menganalisis hasil keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar seri. Jenis penelititan yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Sumber data ini terdiri dari siswa kelas III, guru kelas III, dan kepala sekolah SD Negeri 2 Puguh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah: wawancara, observasi, dan tes keterampilan menulis. Dalam penelitian ini pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dalam penelitian ini yaitu keterampilann menulis karangan deksripsi menggunakan media gambar seri diperoleh 1 siswa dengan nilai tinggi, presentasenya sebesar 6,25%, 2 siswa dengan nilai sedang, presentasenya adalah 13,5%, 13 siswa dengan nilai rendah, presentasenya adalah 81,25%. Keterampilan menulis karangan deskripsi siswa menggunakan media gambar siswa siswa kelas III adalah rendah. Keterampilan menulis dengan rata-rata rendah memiliki permasalahan diantaranya yaitu siswa merasa kesulitan dalam menulis ejaan dan tanda baca yang benar dalam sebuah tulisan, kurangnya keaktifan membaca dan referensi membaca siswa, masih kebingungan apa yang harus dimulai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriani, R. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Widina Bhakti Persada.
Febiyanti, L. C. (2023). Analisis kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik kelas iii b sd xaverius 3 palembang. 6(1), 1–12.
Kartinah, Hafidz, D. I., & Sukamto. (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Di Kelas 3 SDN Sampangan 02. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 1639–1643. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13099
Kiswoyo, Maria, Y. A. Y. U., & Azizah, M. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Ringkasan Metode Pembelajaran Drill Di Kelas III SD Negeri Kembang 01 Kabupaten. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah Vol. 3 No. 1 Maret 2022, 3(1), 85–90. ISSN 2776-5865 (online)
Nastiti, R. A., Setyowati, E., & Ardhyantama, V. (2021). Keterampilan Menulis Deskripsi menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas IV SDN Mentoro. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 74–80. https://doi.org/10.21137/jpp.2021.13.2.2
Prayitno, J. E., Rukayah, R., & Daryanto, J. (2021). Analisis kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada teks karangan narasi peserta didik kelas v SD. Didaktika Dwija Indria, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i1.49033
Tibertius Dawa. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kela Iii Sdk Ndona 2 Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Seri. Jurnal Literasi: Pendidikan dan Humaniora, 6.
Umam, N. K., & Firdausa, A. R. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Media Gambar Seri Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2(1)), 42–48. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4377
Yusni. (2023). Penguasaan Kosa Kata & Struktur Kalimat Bahasa Indonesia. CV. Azka Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19732
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Maulidah Aunillah, Kiswoyo -, Kartinah -

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSNÂ 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Â