ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS III SD NEGERI 2 PUGUH KABUPATEN KENDAL

Maulidah Aunillah, Kiswoyo Kiswoyo, Kartinah Kartinah

Abstract


Penelitian ini berfokus pada analisis keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar seri siswa kelas III SD Negeri 2 Puguh Kabupaten Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan menganalisis hasil keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar seri. Jenis penelititan yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Sumber data ini terdiri dari siswa kelas III, guru kelas III, dan kepala sekolah SD Negeri 2 Puguh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah: wawancara, observasi, dan tes keterampilan menulis. Dalam penelitian ini pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dalam penelitian ini yaitu keterampilann menulis karangan deksripsi menggunakan media gambar seri diperoleh 1 siswa dengan nilai tinggi,  presentasenya sebesar 6,25%, 2 siswa dengan nilai sedang, presentasenya adalah 13,5%, 13 siswa dengan nilai rendah, presentasenya adalah 81,25%. Keterampilan menulis karangan deskripsi siswa menggunakan media gambar siswa siswa kelas III adalah rendah. Keterampilan menulis dengan rata-rata rendah memiliki permasalahan diantaranya yaitu siswa merasa kesulitan dalam menulis ejaan dan tanda baca yang benar dalam sebuah tulisan, kurangnya keaktifan membaca dan referensi membaca siswa, masih kebingungan apa yang harus dimulai.


Keywords


karangan deskripsi, keterampilan menulis, media gambar seri

Full Text:

PDF

References


Apriani, R. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Widina Bhakti Persada.

Febiyanti, L. C. (2023). Analisis kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik kelas iii b sd xaverius 3 palembang. 6(1), 1–12.

Kartinah, Hafidz, D. I., & Sukamto. (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Di Kelas 3 SDN Sampangan 02. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 1639–1643. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13099

Kiswoyo, Maria, Y. A. Y. U., & Azizah, M. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Ringkasan Metode Pembelajaran Drill Di Kelas III SD Negeri Kembang 01 Kabupaten. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah Vol. 3 No. 1 Maret 2022, 3(1), 85–90. ISSN 2776-5865 (online)

Nastiti, R. A., Setyowati, E., & Ardhyantama, V. (2021). Keterampilan Menulis Deskripsi menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas IV SDN Mentoro. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 74–80. https://doi.org/10.21137/jpp.2021.13.2.2

Prayitno, J. E., Rukayah, R., & Daryanto, J. (2021). Analisis kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada teks karangan narasi peserta didik kelas v SD. Didaktika Dwija Indria, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i1.49033

Tibertius Dawa. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kela Iii Sdk Ndona 2 Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Seri. Jurnal Literasi: Pendidikan dan Humaniora, 6.

Umam, N. K., & Firdausa, A. R. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Media Gambar Seri Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2(1)), 42–48. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4377

Yusni. (2023). Penguasaan Kosa Kata & Struktur Kalimat Bahasa Indonesia. CV. Azka Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Maulidah Aunillah, Kiswoyo -, Kartinah -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â