PENGARUH PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III SDN SENDANGGUWO 02 SEMARANG

Violita Christiyan Ningtyas, Kartinah Kartinah, Duwi Nuvitalia

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Jigsaw terhadap kemampuan operasi hitung perkalian kelas III SDN Sendangguwo 02 Semarang. Sampel penelitian menggunakan siswa kelas III SDN Sendangguwo 02 Semarang semester genap Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan tes tertulis. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes tertulis berbentuk soal isian singkat berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan operasi hitung siswa kelas III. Menurut hasil analisis dan pembahasan penelitian, terdapat pengaruh kemampuan operasi hitung perkalian siswa pada kelas eksperimen. Dengan melihat hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh nilai sign. < 0,001, sehingga nilai sign. < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran tipe Jigsaw terhadap kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas III SDN Sendangguwo 02 Semarang secara signifikan.

Keywords


Pengaruh Model Pembelajaran, Tipe Jigsaw, Kemampuan Operasi Hitung Perkalian.

Full Text:

PDF

References


Antara, I.P.P.A. 2024. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Penguasaan Konsep Kimia dan Sikap Ilmiah Siswa. e-Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 47(1), 76-84.

Deswita, Hera. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pembagian Di Kelas IV Sekolah Dasar. Volume 4 Nomor 2, halaman 115-120 Diakses 23 Mei 2024.

Dira, Lilis. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta Swadaya Batang Serangan. Jurnal MathEducation, Vol 1 (2) (2018), 108-115.

Fratiwi, E., Syah, H., & Muhsan, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran

Handayani, H. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(01), 50-60.

Jamal, Fakhrul. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Volume 1 Nomor 1, halaman 18-36

Lilis, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Serunai Matematika, Vol 12, No 1.

Pandu, R., Purnamasari, I., Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pena Edukasia 1 (2): 127-134.

Priyangga, B., Kartinah., Khotijah, D. (2023, July). 324. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Discovery Learning pada Siswa Kelas IV SDN Jebol. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 1 pp. 2893-2903).

Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017, September). Contextual teaching and learning approach of mathematics in primary schools. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012171). IOP Publishing.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Cet. XXVI;Bandung: Alfabeta).

Surya, Anesa. 2018. Learning Trajectory Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Volume 4 Nomor 2, halaman 22-26.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana. UPGRIS.

Trisianawati, E., Djudin, T. & Setiawan, R. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Vektor di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 51-60. ISSN 2087-9946. E-ISSN 2477-1775.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Violita Christiyan Ningtyas, Kartinah Kartinah, Duwi Nuvitalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.