PENGARUH PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III SDN SENDANGGUWO 02 SEMARANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antara, I.P.P.A. 2024. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Penguasaan Konsep Kimia dan Sikap Ilmiah Siswa. e-Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 47(1), 76-84.
Deswita, Hera. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pembagian Di Kelas IV Sekolah Dasar. Volume 4 Nomor 2, halaman 115-120 Diakses 23 Mei 2024.
Dira, Lilis. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta Swadaya Batang Serangan. Jurnal MathEducation, Vol 1 (2) (2018), 108-115.
Fratiwi, E., Syah, H., & Muhsan, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran
Handayani, H. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(01), 50-60.
Jamal, Fakhrul. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Volume 1 Nomor 1, halaman 18-36
Lilis, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Serunai Matematika, Vol 12, No 1.
Pandu, R., Purnamasari, I., Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pena Edukasia 1 (2): 127-134.
Priyangga, B., Kartinah., Khotijah, D. (2023, July). 324. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Discovery Learning pada Siswa Kelas IV SDN Jebol. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 1 pp. 2893-2903).
Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017, September). Contextual teaching and learning approach of mathematics in primary schools. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012171). IOP Publishing.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Cet. XXVI;Bandung: Alfabeta).
Surya, Anesa. 2018. Learning Trajectory Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Volume 4 Nomor 2, halaman 22-26.
Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana. UPGRIS.
Trisianawati, E., Djudin, T. & Setiawan, R. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Vektor di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 51-60. ISSN 2087-9946. E-ISSN 2477-1775.
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19734
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Violita Christiyan Ningtyas, Kartinah Kartinah, Duwi Nuvitalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.