EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS 4 SDN LEMAHPUTIH REMBANG

Aliffia Rahma Deanisa, Sunan Baedowi, Kartinah Kartinah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya partisipasi peserta didik dalam pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi tubuh tumbuhan. Hal ini disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas 4 SDN Lemahputih Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain eksperimen semu (Quasi Experimen Desaign) dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig 2-tailed sebesar 0,001. Dimana 0,001  0,05 dengan taraf signifikasi sebesar 0,05, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran berbasis berdiferensiasi. Dengan adanya penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 70 dan telah mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan proporsi sebesar 70%. Selain itu dibuktikan dengan hasil N-Gain diperoleh skor 0,3  dan diperoleh rata-rata N-Gain skor sebesar 57% dengan kategori sedang sehingga tafsirannya cukup efektif.


Keywords


Problem Based Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Destiana, T. R., Kartinah, & Prasetyowati, D. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Pakem Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Pythagoras, 6(1), 31–36. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V6I1.623

Gede Swiyadnya, I. M., Citra Wibawa, I. M., & Agus Sudiandika, I. K. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 203. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111

Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.553

Nawati, A., Yulia, Y., Havifah, B., Khosiyono, C., Pendidikan, P., Universitas, D., & Tamansiswa, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180.

Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), VI(2), 93–99.

SUSWATI, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.444

Virgiana, A., & Wasitohadi, W. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sdn 1 Gadu Sambong - Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 100. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p100-118




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Aliffia Rahma Deanisa, Sunan Baedowi, Kartinah Kartinah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â