MENGANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPERASI BILANGAN PECAHAN PEBELAJARAN KELAS 3 SD N 1 GEBANGAN

Ratna Widyaningrum, Kiswoyo Kiswoyo, Fajar Cahyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar dan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar matematika materi pecahan kelas III SD N 1 Gebangan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan data tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diambil dan dikumpulkan bersumber dari guru kelas dan siswa kelas III. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap pelaksanaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data yang digunakan yaitu dengan triangualsi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika materi pecahan pada kelas III SD N 1 Gebangan yaitu kesulitan dalam menerapkan prinsip, dan kesulitan menyelesaikan masalah verbal. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi pecahan terdiri dari faktor internal dan eksternal. Yaitu, minat dan motivasi belajar yang kurang, kemampuan dalam memahami pelajaran (intelegensi), daya ingat, suasana belajar yang kurang kondusif, dan penggunaan media pembelajaran.


Keywords


Kesulitan belajar, matematika, pecahan

Full Text:

PDF

References


Anggo, M. (2015). Metacognitive strategies on mathematic learning to improve

dalam Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1, no. 1 (2020), hal 96-97.

dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.2017. Lambang Departemen Pendidikan.

Hidayah, Nur. Budiman, Muhammad Arief. Cahyadi, Fajar. 2020. Analisis

Kesulitan Siswa Kelas V Dalam Memecahkan Masalah Mtematika Pada Materi Operasi Hitung Pecahan. 3 (1) : 48-49.

Marliani, N. & Hakim, A.R. (2015). Pengaruh Metode Belajar dan Kecemasan diri.

Maryani, Ika, dkk. 2018. Mobel Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar.

Maryati, I. dan Priatna, N. 2017. Integrasi Nilai-Nilai Karater Mmatematika

Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Mosharafa, 6(3). 333-344.

Menyelesaikan Soal Pemechan Masalah, EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 10 No. 2 (2018). siswa kelas VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinang.

Mosharofa: jurnal Pendidikan matematika, 7(2), 199-206. soal Matematika pada Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Pengawu. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) 11 No 2, 129-144. student’s environmental awarenees. International Journal of Education and Research Vol. 3 No. 4, pp . 133-142.

Suciati, I ., & Wahyuni, D . (2018). Analisis Kesalahan Siiswa Dalam Menyelesaikan

terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika ) 1 (1), 136-150.

Ummu Fauzi Saja’ah, Analisis kesulitan siswa Klelas IV Sekolah Dasar Dalam.

Usman, Moh. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bndung : PT. Remaja

Rosdakarya Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Persindo.

Utami, 202. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring,†Yogyakarta: K-Media (Ebook).

Yulianingsih, A., Febrian, Dwinata, A. (2018). Analisis Kesalahan Konsep Pecahan pada




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ratna Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.