IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MATERI PENGUKURAN UNTUK SISWA KELAS II SDN BUMIAYU 02 WEDARIJAKSA PATI

Ummi Nur Inzah, Joko Sulianto, Ferina Agustini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kemampuan penalaran matematis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada perbedaan kemampuan penalaran matematis pretest dan posttest setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw pada materi pengukuran untuk siswa kelas II SD Bumiayu 02 Wedarijaksa Pati?, 2) apakah hasil kemampuan penalaran matematis siswa mencapai KKM dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw pada materi pengukuran untuk siswa II SDN Bumiayu 02 Wedarijaksa Pati?. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain pre-experimental design bentuk one-grup pre-tes-post-tes design. Populasi penelitian ini di kelas II SDN Bumiayu Wedarijaksa Pati tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel hanya satu kelas dan teknik sampling yang digunakan jenuh karena populasi kurang dari 30 orang. Teknik analisisi data ini berupa uji normalitas, uji paired sample t-test dan hasil kemampuan penalaran. Berdasarkan perhitungan diperoleh rata-rata prettes yaitu 29,14 dan rata-rata posttest 71,14. Pada saat prettes belum ada yang tuntas dan 14 siswa tidak tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal 0%. Setelah dilakukan posttest terdapat 10 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 78%. Hal tersebut diperkuat oleh hasil analisis uji paired sample t test dengan nilai Sig. 0,000<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kemampuan penalaran matematis materi pengukuran untuk siswa kelas II SDN Bumiayu 02 Wedarijaksa Pati.


Keywords


Kemampuan penalaran matematis, jigsaw, pengukuran

Full Text:

PDF

References


Afsari, S., Safitri, I., & Harahap, S. K. (2021). Systematic Literature Review Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesia Journal Of Intellectual Publication, 1(3), 189-197. https://journal.intelekmadani.org/index.php/ijipublication/article/view/117/96

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. LEMMA (Letters Of Mathematics Education), 8(2), 61-75

Hakima, L., Sukestiyarno, & Dwidayanti, N. K. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Modul Komik Etnomatematika. Seminar Nasional Pascasarjana, 1999, 1003–1007.

Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Muhammad. International Journal of Elementary Education, 2(2), 93–102.

Hutasoit, A. H. A., (2022). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sipohon. Mathematics Education and Applied, 4(1), 81-87. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/846/375

Najah, E. F., & Nurhalimah, A. (2023). Implementasi Teori Belajar Matematika terhadap Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Seminar Nasional Paedagoria, 3, 98–104.

Slavin. (1995). Pembelajaran Kooperatif. Alvabeta.

Syupriyanti, L., Marsidin, S., Sabandi. (2020). Kebijakan Standar Proses Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(2), 134-143.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ummi Nur Inzah, Sulianto Joko, Agustini Ferina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â