KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU KUIS INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS â…£ SD NEGERI REJOSARI 03

Wahyu Dwi Sarlia, Arfilia Wijayanti, Henry Januar Saputra

Abstract


Project Based Learning Berbantu Kuis Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPAS kelas IV SD Negeri Rejosari 03". Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah atau kurang dari kriteria baik pada kelas IV SD Negeri Rejosari 03. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui adanya keefektifan model project based learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan sebelum penggunaan kuis interaktif dan sesudah penggunaan model project based learning berbantu kuis interaktif pada kelas IVA dan IVB SD Negeri Rejosari 03.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design dengan bentuk pretest-posttests cotrol group design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa adanya keefektifan model project based learning berbantu kuis interaktif terhadap hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan dan menunjukkan adanya kenaikan sebesar 38,9% setelah dilakukannya tes berupa pretest dan posttest kepada peserta didik. Hasil analisis data setelah dilakukan hipotesis dengan analisis hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata pretest 59,5 dan nilai rata-rata posttest 73,0. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan hasil 2 indikator tersebut maka terdapat keefektifan model project based learning berbantu kuis interaktif terhdap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Rejosari 03.


Keywords


model project based learning, kuis interaktif, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Adina, Fine Reffiane & Arfilia Wijayanti. (2021) Keefektifan Model PJBL Berbantu Canva Pada Tema 7 Subtema 1 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Muntung. (Vol. 33, pp 207-208).

Nur Annisa Luqyana, Arfilia Wijayanti & Rofian. (2020) Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Media Montase Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 3 SD Candi 01 Semarang. (Vol.11 12-13).

Bagus, I., Putra, A., Id, M., & Id, C. W. (2022). The effectiveness of problem-based learning in improving critical thinking, problem-solving and self-directed learning in first-year medical students: A meta-analysis. PLos ONE, 17(11), 1–12. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0277339

Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Journal Pujangga, Vol.1, No.2, 109.

Sugandi, D. (2020) “Peningkatan Minat Belajar Melalui Modelcourse Review Horay (CRH) Pada Mata Pembelajaran IPA Mengidentifikasi Fungsi Organ Tubuh Jurnal Tahsiniaâ€, 1(2), pp. 191-198.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sulisworo, D.,Nursulistiyo,E., dkk (2018). Panduan Pelatihan Mobile Cooperative Learning. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Panduan_Pelatihan_Mobile_Cooperative_Lea/dg5lDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kooperatif+learni

Rusman, Wijinarko. 2017. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2006)

Siregar, Mahyuddin (2022) Perbandingan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Antara Siswa SMA Swasta Al-Ulum Medan dengan Siswa SMA Swasta Nurul Islam Indonesia Medan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Surya, M. 2014. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Sutrisno, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Preanada Media Group




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.20023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wahyu Dwi Sarlia, Arfilia Wijayanti, Henry Januar Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â