PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN TEMA 9 KELAS V SD NEGERI 1 TAMANREJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui model Cooperative Learning tipe STAD pada pembelajaran tema 9 kelas V SD Negeri 1 Tamanrejo tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Dengan dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Â Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pra siklus rata-rata keaktifan belajar peserta didik mencapai 43,75% pada siklus I rata-rata keaktifan belajar peserta didik mencapai 64,06% belum mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Siklus II rata-rata keaktifan belajar peserta didik mencapai 74,03% belum mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Pada siklus III rata-rata keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 83,07% sudah mencapai indikator kebehasilan yang diharapkan yaitu 75%. Dari persentase yang dihasilkan pada siklus III dapat diketahui bahwa penggunaan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Tamanrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2020/2021.
Kata kunci: Keaktifan Belajar, STAD, Sekolah Dasar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8874
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Wawasan Pendidikan
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSNÂ 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Â