ANALISIS PENANAMAN NILAI AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN GUIDE BOOK DI RA AL FATTATAIN
Abstract
Penanaman nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini sangat penting dilakukan agar peserta didik dapat memiliki nilai-nilai moral dan agama yang baik, sehingga ketika peserta didik memasuki jenjang selanjutnya maka sudah mempunyai pengetahuan, pengalaman yang baik yang sudah didapatkan ketika mereka pada saat pra sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  penelitian  kualitatif  dimanapenelitian kualitatif sebagai metode ilmiah sering digunakan dan dilaksanakanoleh  sekelompok  peneliti  dalam  bidang  ilmu  social,  termasuk  juga  ilmu pendidikan.di RA ALfattatain dalam penerapan nilai agamamoral masih belum maksimal dikarenakan media atau metode yang digunakan kurang menarik bagi anak, maka dari itu penulis menggunakan penerapan media guidebook untuk perkembangan Nilai Agama Moral anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, Wahyu Nafilatul. 2009. Penanaman Nilai Agama Pada Anak di Taman Kanak-Kanak (TK) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) 31 Sumbersari Malang (Skripsi Pada Prodi PAI Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang: Tidak Diterbitkan)
Azra, A. (2001). Pendidikan Akhlak dan Budi Pekerti: Membangun Kembali Anak Bangsa. Mimbar Pendidikan, 1.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI Nomor Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.
Fitriyah, F. (2019). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN NILAI MORAL DAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE KETELADANAN DI TK AL-MUHSIN. Islamic EduKids, 1-7.
Hakim, L. (2012). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1), 67-77.
Nurwita, S. (2019). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 506-517.
Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29-44.
Saputra, M. A. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Di RA DDI Addariyah Kota Palopo. Al-Qalam, 20(2), 197-210.
Suyadi, S. (2010). Konsep Edutaiment Dalam Pembelajaran di Tingkat SD/MI (Antisipasi Keterkejutan Mental Anak Pada Masa Transisi Dari TK/RA ke SD/MI). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.9943
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 eka wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSNÂ 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Â