EFEKTIVITAS KEGIATAN SAINS TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Guru perlu merancang inovasi suatu bentuk pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan melalui strategi yang menarik dan berpotensi memperbaiki pembelajaran keterampilan bercerita dan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun, serta memperoleh pencapaian student wellbeing yang baik. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan keterampilan bercerita dan kepercayaan diri anak adalah dengan menerapkan kegiatan sains dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan sains terhadap keterampilan bercerita dan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun serta pencapaian student wellbeing. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B TK ABA Bendan Kota Pekalongan yang memiliki karakteristik usia 5-6 tahun dengan sampel sebanyak 32 anak dari 2 kelas menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Pengujian penelitian terdiri dari uji validitas dan reliabilitas instrument, uji prasyarat, dan uji hipotesis yang meliputi uji normalitas, homogenitas, uji t, uji manova, dan uji N-gain score. Untuk menganalisis data menggunakan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows dan microsoft excel.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa ada pengaruh penerapan kegiatan sains terhadap keterampilan bercerita dan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun dalam kelas eksperimen. Hasil uji prasyarat dari data penelitian diperoleh data berdistribusi normal, homogen, dan tidak ada perbedaan antara rata-rata nilai pada kelompok data. Sedangkan dari uji hipotesis ditemukan bahwa uji manova pada tabel box's M test diperoleh nilai signifikannya 0,208 yaitu kovarian kelompok data adalah sama, tabel multivariate test dan test of between subject effect diperoleh nilai signifikannya 0,000 yaitu menunjukkan adanya pengaruh kegiatan sains terhadap keterampilan bercerita dan kepercayaan diri, serta uji N-gain score berada pada kategori cukup efektif terhadap keterampilan bercerita dengan N-gain score senilai 0,67 dan kategori efektif terhadap kepercayaan diri dengan N-gain score senilai 0,79. Hasil pencapaian student wellbeing melalui kegiatan sains terhadap keterampilan bercerita dan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun pada kelas eksperimen berkategori baik ditunjukkan dari hasil rata-rata prosentase dari rekap nilai student wellbeing senilai 92,57 %. .Semoga dengan adanya penelitian ini sebagai bahan masukan bagi guru dan calon guru untuk memilih metode pembelajaran yang tepat terhadap keterampilan bercerita dan kepercayaan diri, serta pencapaian student wellbeing anak usia dini sehingga perkembangan yang dicapai dapat maksimal.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/dm.v18i2.12470
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JDP (Jurnal Dimensi Pendidikan) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of Jurnal Dimensi Pendidikan ISSN 1858-4868 (Print)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Listyaning Sumardiyani, M.Hum.
Email: [email protected]