PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA FRACTION CIRCLE
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai tes pembelajaran matematika materi penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV SD Kristen Terang Bangsa karena penggunaan metode masih konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan matematika realistik dengan media fraction circle dapat meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan siswa kelas IV SD Kristen Terang Bangsa pada materi penjumlahan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan siswa kelas IV SD Kristen Terang Bangsa materi penjumlahan pecahan dengan media fraction circle. Waktu pelaksanaan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media fraction circle dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa kelas IV dalam pembelajaran matematika secara signifikan, dengan persentase siswa tuntas sebanyak 20 siswa (90,9 %) dari 22 siswa untuk aspek pengetahuan dan 17 (77,3 %) siswa dari 22 siswa tuntas aspek keterampilan pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media fraction circle dapat meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan siswa kelas IV SDK Terang Bangsa pada materi penjumlahan pecahan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/dm.v17i1.9284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JDP (Jurnal Dimensi Pendidikan) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of Jurnal Dimensi Pendidikan ISSN 1858-4868 (Print)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Listyaning Sumardiyani, M.Hum.
Email: [email protected]