OPTIMALISASI PERAN PENDAMPING DALAM PROSES PENGEMBANGAN DIRI PENYANDANG TUNANETRA DI PANTI PELAYANAN SOSIAL DISABILITAS SENSORIK NETRA PENDOWO KUDUS
Abstract
Seiring perkembangan zaman pandangan sebagaian besar masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK) khususnya tuna netra, masih banyak yang terabaikan bahkan terkucilkan. Kondisi tersebut tentunya membawa dampak langsung maupun tidak langsung terhadap tumbuh kembang ABK, bahkan terhadap keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterlibatan pekerja sosial atau pendamping terkait proses kegiatan pengembangan diri yang dilakukan di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Mlati Kudus. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, karena fokus penelitiannya adalah bagaimana peran pendamping pada proses pengembangan diri penerima manfaat di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus tahun 2021. Melalui pendekatan kualitatif, peneliti dapat memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, kebiasaan dan lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd. Chayyi Fanani, Studi tentang Metode Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Pengembangan Diri di Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya Periode 2000- 2002 (skripsi, fakultas tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya, 2003) h. 31.
Abdul, Mujib. 2006. Kepribadian Dalam Psikologi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Amri, Sofan 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah dalam Teori Konsep dan Analisis. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Bregita Rindy Antika, dkk. Studi Pengembangan Diri (Bakat Minat) Pada Siswa Komunitas Sastra di Sekolah Alternatif Qoryah Toyyibah Salatiga, Indonesia Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 2 (3) (2013).
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana.
Hadi, Sutrisno. 1987. Metode Riset. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM Hidayat Dkk, 2006. Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: UPI, 2006
Marmawi, Persamaan Gender dalam Pengembangan Diri, Jurnal Visi Pendidikan, h. 176
Muthalib, Abdul. 2009. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab (Teori dan Praktik). Kudus: STAIN Kudus.
Somantri, T. Sutjihati, 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama, 2006.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata,N.S. 2005 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Surakhmad, Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode Dan Teknik. Bandung: Tarsi
DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v9i1.10794
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing :
Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang
Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: [email protected]