HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN STRES AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA FIP UNNES
Abstract
Abstrak. Adanya pandemi covid 19 menimbulkan Perubahan kondisi. Pembelajaran daring, ini berpontensi menimbulkan stres dikarenakan kurangnya motivasi berprestasi mahasiswa fip unnes dalam pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan stres akademik mahasiswa fip unnes dalam pembelajaran online. Metode penelitian ini adalah metode peneltian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 320 dari 3994 mahasiswa dengan menggunakan dispropotionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data adalah skala motivasi berprestasi dan skala stres akademik. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan motivasi berprestasi dengan stres akademik mahasiswa dalam pembelajaran online dengan memberikan sumbangsih sebesar 0,84 yang berarti berhubungan negative yang signifikan, sedangkan sisanya dipengaruhi prediktor lain. Dosen dan konselor dapat memberikan tretmen maupun layanan yang tepat dan baik agar dapat mereduksi stres akademik mahasiswa dan dapat meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/improvement/article/view/18366.
Area, Universitas Medan. 2018. “Perbedaan Motivasi Berprestasi Ditinjau Dari Tipe Kepribadian a Dan b Pada Siswa Smk Tritech Informatika Skripsi.”
Azahra, Jehan Shahnaz. 2017. “Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Coping Stress Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Pendidikan Psikologi.” Universitas Negeri Jakarta Skripsi (Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta): 1–145.
Azizah, Jesica Nur, and Yohana Wuri Satwika. 2021. “Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Selama Pandemi COVID 19.” Jurnal Penelitian Psikologi 8 (1): 212–23.
Barseli, Mufadhal, Ifdil Ifdil, and Linda Fitria. 2020. “Stress Akademik Akibat Covid-19.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 5 (2): 95. https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005.
Barseli, Mufadhal, Ifdil Ifdil, and Nikmarijal Nikmarijal. 2017a. “Konsep Stres Akademik Siswa.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 5 (3): 143–48. https://doi.org/10.29210/119800.
Barseli, Mufadhal, Ifdil, and Nikmarijal. 2017b. “Konsep Stres Akademik Konseling Dan Pendidikan.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 5 (3): 143–48.
Dafrizal, Jamri. 2016. “Mengeksplorasi Motivasi Dan Pembelajaran.” Research and Development vs Development Research, no. January 2015: 0–45.
Dewi, Dhea Karina Pramesta Damajanti Kusuma. 2021. “Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Siswa Di SMA X.” Jurnal Penelitian Psikologi 8 (7): 23–33.
Dewi, Liliana, and Stella Nathania. 2018. “Pengukuran Aspek Kepuasan Konsumen Le Fluffy Desert. Jurnal Bisnis Terapan.” Jurnal Bisnis Terapan 2 (1): 61–72.
Dr. Vladimir, Vega Falcon. 1967. “済無No Title No Title No Title.” Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local. 1 (69): 5–24.
Dunakhri, Samirah. 2018. “Uji Reliabilitas Dan Normalitas Instrumen Kajian Literasi Keuangan.” Prosding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 249–52.
Fauziyyah, Rifa, Rinka Citra Awinda, and Besral Besral. 2021. “Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Tingkat Stres Dan Kecemasan Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19.” Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan 1 (2): 113.
https://doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.4656.
gia.v13i3.6004.
https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20317.
Kim, Eunkyung, and Mijin Lee. 2013. “The Reciprocal Longitudinal Relationship between the Parent-
DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v10i1.11944
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing :
Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang
Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: dinirakhmawati@upgris.ac.id