PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA PADA SMK NEGERI 11 SEMARANG

alber tigor tigor

Abstract


Hasil studi pendahuluan pada SMK Negeri 11 Semarang ditemukan sebanyak 7,61% siswa dengan tingkat kematangan karir rendah. Guru BK telah melakukan upaya meningkatkan kematangan karir salah satunya melalui layanan bimbingan kelompok, namun masih belum optimal. Sehingga perlu dikembangkan model bimbingan kelompok yang dapat membantu meningkatkan kematangan karir siswa, salah satu alternatif tersebut adalah melalui bimbingan kelompok dengan teknik pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk:      (1) memperoleh gambaran pelaksanaan bimbingan kelompok pada SMKN 11 Semarang, (2) mengetahui tingkat kematangan karir siswa kelas XI-PS,   (3) menemukan model yang efektif untuk membantu meningkatkan kematangan karir siswa, dan (4)  mengetahui keefektifan model bimbingan kelompok dengan teknik pemecahan masalah dalam meningkatkan kematangan karir siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Hasil uji lapangan diketahui bahwa model bimbingan kelompok dengan teknik pemecahan masalah terbukti efektif dalam meningkatkan kematangan karir siswa yaitu terjadi peningkatan  sebesar 14,97%.

 

Kata kunci : Kematangan karir, model bimbingan kelompok, teknik pemecahan masalah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v4i2.1576

Refbacks






Indexing :

          

     


Program Studi Bimbingan dan Konseling

Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: [email protected]

View Empati : Jurnal Bimbingan dan Konseling Stats