KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL REMAJA

Farikha Wahyu Lestari

Abstract


Penelitian   ini   bertujuan   untuk   memperoleh   profil   kemampuan komunikasi   interpersonal   siswa   SMA.   Penelitian   ini   dilatarbelakangi   oleh meningkatnya fenomena permasalahan remaja   yang apabila ditelusuri salah satu faktor penyebabnya adalah adanya konflik di dalam keluarga khususnya  dengan orang    tuanya.    Konflik    yang    muncul    antara    remaja    dan    orang    tuanya dilatarbelakangi  oleh  tidak  adanya  komunikasi  yang  baik  antara  remaja  dengan orang  tuanya..  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  kemampuan  komunikasi interpersonal siswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 70%. Hal  ini  berarti  bahwa  siswa  memiliki  kemampuan  untuk  berkomunikasi  dengan orang tua ditunjukkan melalui penguasaan pada beberapa aspek dalam komunikasi interpersonal,     yaitu     meliputi     kemampuan     mendengarkan,     kemampuan mengungkapkan pendapat dan gagasan, kesediaan untuk terbuka, dan kemampuan mengendalikan  emosi.  Rekomendasi  yang  diberikan  bagi  penelitian  di  bidang bimbingan  dan  konseling  adalah    memberikan  intervensi    untuk  meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal.

 

Kata kunci: komunikasi interpersonal


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v2i2/%20Oktober.2278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Indexing :

          

     


Program Studi Bimbingan dan Konseling

Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: [email protected]

View Empati : Jurnal Bimbingan dan Konseling Stats