PROFIL KEPERCAYAAN DIRI SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL
dewi rahmah, Rochani Rochani, Alfiandy Warih Handoyo
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kurangnya kepercayaan diri yang terjadi pada siswa kelas VIII. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Serang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh atau total sampling dengan cara mengambil seluruh anggota populasi sebagai responden atau sampel dengan jumlah siswa sebanyak 210 siswa. Penelitian mengenai kurangnya kepercayaan diri dilakukan dengan melihat empat indikator yaitu: 1) Percaya akan kemampuan sendiri, 2) Bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, 3) Memiliki rasa positif terhadap diri, dan 4) Berani mengungkapkan pendapat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar instrument penelitian berupa angket, observasi dan wawancara dengan siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepercayaan diri yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Serang, berada pada kategori rendah dengan persentase 24,77%, kategori sedang dengan persentase 60%, dan kategori tinggi dengan persentase 15,23%. Setelah mengetahui gambaran kepercayaan diri, maka rancangan program dibuat berdasarkan hasil penelitian yang di dapat.
Keywords
Kepercayaan Diri, Siswa, Program Bimbingan Pribadi Sosial
Angelis, B. D. 2000. Percaya Diri: Sumber Sukses dan Kemandirian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Anthony, R. 1992. Rahasia Membangun Kepercayaan Diri. Jakarta: Bina Rupa Aksara
Asrori, M. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: Wineka Media
Dahlan, M. 2011. Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika
Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Jahja, Y. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana
Juntika, N. A. 2007. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Rafika Aditama
Kartini, K. 1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: CV Mandar Maju
Ghufron, et al. 2011. Teori-teori Psikologi. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Safitri, D. 2010. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Sosial Mahasiswa di Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. (tidak diterbitkan) Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Nurihsan, dkk. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya