STUDI DESKRIPSI PEMAHAMAN SISWA TK-A TERHADAP MATERI EDUKASI SEKSUALITAS “AKU DAN KAMU”.
Abstract
Abstrak. Anak usia dini sangat rentan menjadi korban kekerasan seksual. Oleh karena itu anak perlu memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan untuk melindungi diri dari ancaman kekerasan seksual. Edukasi seksualitas pada anak usia dini melalui program Aku dan Kamu merupakan salah satu prevensi kekerasan seksual yang diterapkan di PAUD – TK Taman Belia Candi semenjak 2016 yang dileburkan kedalam kurikulum dan pembiasaan sehari - hari. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan memberikan gambaran mengenai pemahaman siswa terhadap materi “Aku dan Kamu”. Partisipan melibatkan 5 siswa TK-A dengan criteria tingkat kehadiran dan kemampuan mengungkapkan gagasan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan memahami materi tentang tata cara ganti baju dan tempat berganti baju, serta paham mengenai cara menjaga tubuh.
Kata kunci: edukasi seksualitas, anak usia dini
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Children Welfare Information Gateway. 2019. Definitions of Child Abuse and Neglect (Vol. 2010). Washington, DC: U.S. Department of Health and Human Services, Children's Bureau.
Goodyear, Brown, P. (Ed.). (2012). Handbook of Child Sexual Abuse: Identification, Assessment, and Treatment. Hoboken: Wiley.
Halstead, M., Reiss, M. J. (2003). Values in Sex Education. London: Routledge.
https://megapolitan.kompas.com/read/2018/03/19/18094101/data-awal-2018-kpai-sebut-korban-kekerasan-seksual-didominasi-anak-laki. Diaksestanggal 2 Desember 2019.
https://www.antaranews.com/berita/1229719/di-satuan-pendidikan-pada-2019-kpai-catat-21-kasus-kekerasan-seksual. Diaksestanggal 2 Desember 2019.
https://www.kpai.go.id/berita/tahun-2017-kpai-temukan-116-kasus-kekerasan-seksual-terhadap-anak. Diaksestanggal 2 Desember 2019.
Hurairah, A. (2012). KekerasanterhadapAnak. Bandung: Nusa Press.
Kementerian PemberdayaanPerempuan dan PelindunganAnak. 2017. Statistik Gender Tematik - MengakhiriKekerasanTerhadapPerempuan dan Anak di Indonesia. Jakarta : Kementerian PemberdayaanPerempuandan PelindunganAnak.
Maulia, D., Rakhmawati, D. &Juliejatiningsih, Y. 2017. Counselor Challenges on the Prevention of Early Childhood Sexual Violance. Proceeding. in International Seminar Guidance and Counseling : Innovation and Creativity in Guidance and Counseling. Bandung: Department of Education Psychology and Guidance. Faculty of Science Education. Indonesia University of Education.
Miles, M. B & Huberman, A. M (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Mukti, A. (2016). Pendidikan SeksUntukAnakUsia Dini Perspektif Islam. HARKAT: Media Komunikasi Islam tentang Gender dan Anak, 12(2), 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/harkat.v12i2.7562.
Rakhmawati, E. dan Suripto. (2015). PengaruhKomunikasiOrangtua – Remaja Dan LayananInformasiTerhadapPeningkatanPemahamanKesehatanReproduksi Pada Remaja. Jurnal Guru dan Pendidikan. Vol 4, No. 1.
Richter, L., Makusha, T., Komarek, A., Daniels, J., & Coates, T. (2015). Exploring the Impact of Childhood Abuse on HIV Social and Attitudinal Factors among Adults with and Without this History in Sub-Saharan Africa: Findings from NIMH Project Accept (HPTN 043). AIDS and Behavior, 20(4), 737-745. Doi: 10.1007/s10461-015-1166-z.
Santrock, J. W. (2014). Adolescence Fifteenth Edition. Dallas: University of Texas.
Saul, J., &Audage, N. C. (2007). Preventing Child Sexual Abuse within Youth-Serving Organizations: Getting Starting on Policies and Procedure. National Center for Injury Prevention and Control. Atlanta: Georgia.
Sukmadinata, N.S. 2013. MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: RemajaRosdakarya.
Sumera, M. 2013. PerbuatanKekerasanatauPelecehanSeksualTerhadapPerempuan. Lex et Societatis, Vol. 1/No.2/April-Juni/2013.
Widiyanti. 2017. MelindungiAnakdariKekerasanSeksual. Apa yang Dapat Kita Lakukan. Jakarta: Rutgers WPF Indonesia.
World Health Organization (WHO). (2016). Inspire: Seven Strategies for Ending Violence against Children.
Yulianti, P.D., Suyati, T, Rakhmawati, E. & Chandra, A. 2019. The Development of Serial Assertive Comics about Reproduction Organs: Prevention Toward Early Child Sexual Abuse. GUIDENA: JurnalIlmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling ISSN: 2442-7802 (Online) 2019, Vol 9, No 1, 16 – 22. doi: 10.24127/gdn.v9i1.1624.
DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v7i2.6639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing :
Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang
Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: [email protected]