KEEFEKTIFAN TEKNIK HOMEROOM ONLINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PENDEMI COVID-19

Mahmuddah Dewi Edmawati

Abstract


Abstract

The purpose of this research was to find out the improvement of students motivation ability in school throught group guidance service using homeroom technique during a pandemic with online media. Problem in this research was low learning motivation. The method used in this research was quasi experiment method with one group pretest-posttest,and analyzed with non parametric statistic using wilcoxon test. The research subjects were 8 grade X students at SMA Negeri 1 Nguter who had low learning motivation with 2 students as a comparison indicator . The results of the study showed an inereasing in student learning motivation after being given group guidance services. This is indicated from the results of data analysis using wilcoxon test. This was shown from the results of pretestand posttest learning motivation thst is obtained zhitung> ztable (2,521> 1,645). The conclusion of group guidance services can improve the learning motivation of students of class X SMA Negeri 1 Nguter.

Keywords: motivation to learn, group guidance, guidance and counseling

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan motivasi belajar siswa di sekolah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom selama pandemi dengan media daring. Masalah dalam penelitian adalah motivasi belajar rendah. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini metode quasi experimen dengan one group pretest-posttest, dan dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Subjek penelitian 8 orang siswa kelas X di SMA Negeri 1 Nguter yang memiliki motivasi belajar rendah dengan 2 siswa sebagai indikator pembanding .Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon.Hal ini ditunjukan dari hasil pretest dan posttest motivasi belajar yang diperoleh Zhitung =-2,536 dan Ztabel =1,645. Kesimpulan layanan bimbingan kelompok meningkatkan motivasi belajar pada siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Nguter.

Kata kunci : motivasi belajar, bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok


Keywords


motivation to learn, group guidance, guidance and counseling

Full Text:

PDF

References


________1997. Pelayanan bimbingan dan konseling SLTP. Jakarta :Penebar Akasara

_______1995. Layanan dan bimbingan konseling kelompok. Jakarta : Ghalia Indonesia

Achmad, Juntika, Nurihsan, Strategi Layanan Bimbingan & Konseling, (Bandung: PT. Refika Aditama, 2005), h.25.

Anwar,S. 2012. Penyususnan skala piskologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Bahari.2002. Piskologi belajar. Jakarta : PT Gramedia

Kamilah, F.N., Wibowo, B.Y., Handoyo, A.W., 2020. Efektivitas Bimbingan Kelompok Berbasis Tes Minat Karir John L. Holland Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Empati. Vol 7, No 2 (2020).

Prayitno. 2004. Layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok. Padang: universitas padang.

Sandyariesta, D., Yuliejantiningsih,Y., Hartini Tri. 2020. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Empati. Vol 7, No 2 (2020).

Setyawan, D.W., 2020. Efektivitas Layanan Bibingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Self Disclousure Siswa Kelas XII SMK Asshodiqiyah Semarang Tahun 2015. Jurnal Empati. Vol 7, No 2 (2020).

Sugiono .2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Remaja Rodaskarya

Tatoe Hayati. Upaya memingkatkan motivasi belajar siswa melalui bimbingan kelompok di SMA 2 Bangko kabupaten Rokan Hillir.Vol:8, No.1 , April 2017

Utami, Ningsih, dkk. 2017. Penggunaan layanan bimbingan klompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 7 dismp negri 28 bandar lampung tahun ajar 2016/2017. FKIP Universitas Lampung. Halaman 1-12




DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexing :

          

     


Program Studi Bimbingan dan Konseling

Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: [email protected]

View Empati : Jurnal Bimbingan dan Konseling Stats