ANALISIS PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 1 NGUTER
Abstract
Abstract
Interest has an important role in the learning process, because with interest, students will be more concentrated, excited, happy, not easily bored, and earnest in learning. So that students achieve a learning success. Learning interest is influenced by internal and external factors. One of the external factors is parental support. Student interest in learning cannot be separated from the support of parents because parents are very important people with students.This study aims to determine the effect of student interest in learning at 1 Nguter Senior High School. This study used a literature study. Learning at Nguter 1 Public Senior High School uses online learning or what is commonly called distance learning (from home) with the guidance of parents and teachers at school. Students do online learning and interact with the teacher using several applications such as google classrooms, zoom rooms, and whatsapp groups. Students feel bored and bored when carrying out learning so there is a need for group guidance services to increase student interest in learning in online learning.
Keywords : E-Learning, Interest to learn, Group Guidance
Abstrak.
Minat memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, karena dengan minat siswa akan lebih konsentrasi, bersemangat, senang, tidak mudah bosan, dan tekun dalam belajar. Sehingga siswa mencapai keberhasilan belajar. Minat belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor eksternal adalah dukungan orang tua. Minat belajar siswa tidak lepas dari dukungan orang tua karena orang tua adalah orang yang sangat penting dengan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembeljaran daring terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Nguter. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Pembelajaran di SMA Negeri 1 Nguter menggunakan pembelajaran online atau biasa disebut pembelajaran jarak jauh (dari rumah) dengan bimbingan orang tua dan guru di sekolah. Siswa melakukan pembelajaran online dan berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi seperti google classrooms, zoom room, dan whatsapp group. Siswa merasa bosan dan jenuh saat melaksanakan pembelajaran sehingga perlu adanya layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring.
Katakunci : E-learning, Minat belajar, Bimbingan Kelompok
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Afriani, N. (Volume 3 Nomor 1 Tahun 2017). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MTS AL MUDDAKIR BANJARMASIN . Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia.
Handarini, O. I. (Nomor 3, 2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Homr (SFH) Selama Pandemi Covid 19. JPAP.
Hilna Putria, L. H. (Volume 4 Nomor 4 Tahun 2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar . JURNAL BASICEDU, Halm. 861 - 872.
Jusmawati Jusmawati, S. S. (Juli 2020). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS DARING TERHADAP MINAT. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar , Volume 5. Nomor 2 .
Lailatul Husna, F. E. (Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018 ). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX DI MTs NURUL FALAH JUAI. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia.
Malyana, A. (Vol.2 No.1 (2020)). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DENGAN METODE BIMBINGAN BERKELANJUTAN PADA GURU. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, , 67-76.
Ria Yunitasari, U. H. (Tahun 2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, Halm 232 - 243.
SIRAIT, E. D. (2016). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI. Jurnal Formatif, 35-43.
Sobron A.N, B. R. (Vol. 1, No. 2, Desember 2019). PERSEPSI SISWA DALAM STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme.
Syahrul, M. (Juni 2015). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI SISWA. Journal of EST, 46-60.
Tuti Marjan Fuadi, R. M. (Vo. 4, No. 2, Juli 2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 193-200.
DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v9i1.7555
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing :
Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang
Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: [email protected]