ANALISIS ASESSMEN KEBUTUHAN SISWA DALAM PENYUSUNAN PROGRAM BK DI SEKOLAH
Annisa Fitri Nasution
Abstract
Analisis kebutuhan siswa adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi mengenai factor penghambat peserta didik mengembangakan potensinya secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa dalam bidang pribadi, social, karir dan belajar dalam penyusunan program bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 30 orang siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah AUM UMUM. Sedangkan analisis data menggunakan aplikasi AKPD (analisis kebutuhan peserta didik). Hasil analisis kebutuhan peserta didik bidang pribadi 41,17%, bidang social 17,00%, bidang belajar 31,34% dan bidang karir 10,49%. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum memahami masalah karir siswa.
Keywords
Analisis, Asessmen Kebutuhan Siswa, Penyusunan Program BK
Al Anshari, Ahmad Faris. (2018). Manajemen Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (Studi Deskriptif Pada Sekolah Menengah Kejuruan). Jurnal Visipena. 10(1), 66-77. http://journal.bbg.ac.id/visipena/article/download/491/452
Arjanto, Paol. (2015). Identifikasi Masalah Menggunakan Teknik Problem Check-List Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Pattimura. Jurnal Konseling Indonesia. 1(1), 1-13. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI/article/view/833
Kurniawan, Luky. (2015). Pengembangan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Di SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. 1(1), 1-8. https://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/1351
Rahmat, Muhammad, M. Husein & Fajriani. (2019). Analisis Kebutuhan Siswa Dalam Penyusunan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 4(2), 88-98. https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=51335
Safitri, Eka Nindiya, Dwi Putranti. (2017). Assessment Kebutuhan Pedoman Penyusunan Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Pada Guru Bimbingan Dan Konseling Tingkat SMK Di Kota Yogyakarta. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling. 1(2), 1-12. https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/47