ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS X TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PROTISTA DI SMA NEGERI 1 GODONG

Laili Nur Hanifah, Eko Retno Mulyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas X  pada materi Protista di SMA Negeri 1 Godong . Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Godong dengan jumlah 6 kelas. Sampel di ambil 2 kelas dengan jumlah 68 siswa. Data dianalisis secara statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mempelajari materi Protista sebagian besar siswa menggunakan gaya belajar visual. Hasil belajar siswa kelas X pada materi Protista termasuk ke dalam kategori baik. Ketiga tipe gaya belajar siswa (visual, auditori dan kinestetik) memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar.

Keywords


gaya belajar; hasil belajar; Protista

Full Text:

PDF

References


Anggraini, K. 2019. Pengaruh Gaya Belajar dan Kedisplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Klecon 2 Surakarta Tahun Pelajaran 208/2019. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Chania, Y., Haviz, M., Sasmita, D. 2016. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA N 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek 8(1):77-84

DePorter, B dan M. Hernacky. 2015. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Ghufron, M. Nur dan Risnawati S. 2012. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamsar. 2017. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPA Madrasah Tsanawiyah Alauddin Pao-Pao. Skripsi Sarjana Pendidikan Jurusan Fisika pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Hasrul. 2009. Pemahaman Tentang Gaya Belajar. Jurnal Medtek. Vol. 1. No.2: 1-9.

Kasmirawati, S. 2013. Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo.

Mardiana. 2013. Seni Menulis Ilmiah Keselarasan Metode dan Gaya Belajar. Makassar. Alauddin University Press.

Nurlia, dkk. 2017. Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 2, Edisi April 2017.

Qomariyah. 2010. Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Blega. Skripsi Sarjana Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

Rahmawati, I. 2013. Pengaruh Gaya Belajar Bahasa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Kelas VII Semester II di MTs N Galur. Skripsi Sarjana Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Slavin, R. E. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT Indeks.

Sopiatin, P dan Sahrani, S. 2011. Psikologi Belajar dalam Perseptif Islam. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Taiyeb, A. M dan Nurul Mukhlisa. 2015. Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA NEGERI 1 TANETE RILAU. Jurnal Bionature. Vol 16 dan Nomor 1: 8-16.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widayanti, F. D. 2013. Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Jurnal LP3, Vol. 2. No.1.




DOI: https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Edukasia telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Edukasia by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/jie.