PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA SMP KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka berbasis project based learning pada kelas VII jenjang SMP. Model pengembangan yang digunakan ialah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data non tes, yang terdiri dari pemberian angket validitas, angket kepraktisan, dan angket kemampuan kolaborasi. Data yang telah diperoleh dari angket validitas, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis instrumen LORI (Learning Object Review Instrument), sedangkan data yang diperoleh dari angket kepraktisan dianalisis menggunakan analisis instrumen UEQ (User Experience Questionnaire), dan data dari hasil angket kemampuan kolaborasi dianalisis berdasarkan skala likert. Berdasarkan hasil uji validitas, modul ini dinyatakan valid secara isi dengan persentase skor 76% dan 89% atau baik sedangkan secara tampilan mendapatkan persentase skor 90% dan 97% atau sangat baik. Setelah melalui uji validitas, modul ini melalui uji kepraktisan yang menggunakan UEQ sebagai pengujiannya. Hasil uji kepraktisan ini membuahkan kategori baik pada aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, stimulasi dan dan kategori sangat baik pada aspek ketepatan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan ini dapat dinyatakan praktis. Tahap pengujian yang terakhir ialah uji efektivitas yang mana modul ajar diujicobakan kepada satu kelas yakni kelas VII E di SMP Negeri 3 Singaraja. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, dari 34 orang peserta didik diperoleh sebanyak 11 orang yang tidak memenuhi kriteria sedang dan 23 orang lainnya memenuhi kriteria sedang. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul ajar ini dinyatakan layak
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communcation, Collaboration, Critical Thinking, dan Creative Thinking) Untuk Menyongsor Era Abad 21. Prosiding Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1).
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Buda, C. H., Wardani, N. S., & Prasetyo, A. K. (2022). Pengembangan Problem Based and Project Based Learning Pasca Covid-19 Terhadap Kolaborasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 90–105.
Fachmi, R. F. N., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2022). Profil Kemampuan 4C siswa pada Pembelajaran Matematika di SMPN 10 Madiun. Seminar Nasional Sosial Sains, 1, 369–378.
http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Khoirurrijal, & dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Literasi Nusantara Abadi.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Agustus, 5(2), 130–138. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi
Nurazka, R. A., Fitriasari, N. S., & Widjayatri, Rr. D. (2022). Pengembangan Aplikasi Giat Bergerak sebagai Desain Pembelajaran Abad 21 bagi Anak Usia 4-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 242–252. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.356
Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Siswa. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 11(1), 22–31. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Sartini, & Mulyono, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 1348–1363.
Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017). Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(4), 40. https://doi.org/10.9781/ijimai.2017.445
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Zekri, Ganefri, & Anwar, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 33–42. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i1.827
DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15805
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.