DAMPAK EGR(Exhaust Gas Recirculation) PADA PRESTASI MESIN DIESEL DIRECT INJECTION DENGAN CAMPURAN SOLAR DAN BlODIESEL JATROPHA

Heru Danarbroto, Susanto Susanto

Abstract


Setelah adanya krisis tahun 2003, Indonesia harus mengembangkan biodiesel yang cocok dikembangkan di Indonesia. Biodiesel jatropha sangat berpotensi dikembangkan di Indonesia tetapi mempunyai kekurangan yaitu mempunyai nilai modulus bulk yang tinggi dan temperatur didih yang tinggi dari diesel fuel sehingga memicu terbentuknya emisi nitrogen oxides (NOx).Exhaust gas recirculation (EGR) adalah metode untuk mengurangi emisi NOx. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek Exhaust Gas Recirculation (EGR) type panas, terhadap performa dan emisi soot pada mesin diesel Isuzu 2,8 liter type 4BJ1, dengan menggunakan bahan bakar campuran diesel fuel dan jatropha biodiesel. Dalam experiment output EGR di tentukan pada temperatur 100?é??C dan putaran mesin ditetapkan 2000 rpm. Selain itu, juga diberikan variasi dalam komposisi campuran bahan bakar, % Opening EGR Valve (OEV) dan beban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada D100 dengan OEV 75%, brake power meningkat sebesar 10,29% dibandingkan OEV 0%. Penambahan persentase jatropha pada OEV 0% sampai 100% menurunkan smoke opacity, seperti pada D70J30 dengan OEV 50% dan beban 75% turun 22.68% dibandingkan D100.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jitek.v2i1/Mei.1009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

Barcode ISSN Jurnal JITEK:

p-ISSN                               e-ISSN

         

JITEK telah terindeks pada: 

        


Creative Commons License

JITek: Jurnal Ilmiah Teknosains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licensep-ISSN (Print) 2460-9986 | e-ISSN (Online) 2476-9436.

Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/jitek.

Situs Togel