DESAIN VIRTUAL TOUR BANGUNAN BERSEJARAH LAWANG SEWU SEMARANG MENGGUNAKAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS WEB (WEBAR)

Arif Wibisono, Theodora Indriari Wardhani

Abstract


Perkembangan teknologi Augmented Reality (AR) merubah batas dan memperluas dunia visual kita, AR memiliki kelebihan bersifat interaktif dan real time sebagai media komunikasi visual. Disisi lain pemanfaatan teknologi ini mulai jamak digunakan di berbagai bidang, pada penelitian kali ini peneliti mencoba mengaplikasikan teknologi ini untuk tujuan memperkenalkan obyek wisata bersejarah Lawang Sewu di Kota Semarang diangkat sebagai obyek visual yang akan ditampilkan menggunakan teknologi AR. Memperkenalkan obyek visual menggunakan teknologi AR sendiri bukan hal yang baru, sudah banyak dilakukan di luar negeri, misal di China oleh Yi Ji, et al dari Guangdong University of Technologi Guangzhou, China, (2019). Yang menggunakan teknologi Augmented Reality Berbasis Web (WebAR) untuk mengenalkan kerajinan tangan tradisional (handycraft) dan cara pembuatannya, sebagai materi visualnya. Teknologi AR berbasis web dipilih, mengingat teknologi ini relatif baru, mudah diaplikasikan dan dapat berjalan lintas platform dan yang terakhir karena alasan perkembangan teknologi komunikasi, khususnya 5G didunia, dan peneliti meyakini teknologi ini akan menjadi tren kedepannya. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi virtual tour menggunakan AR berbasis web ini mudah dikembangkan, sedangkan dari hasil pengujian menunjukkan aplikasi dapat berjalan dengan baik dengan metode pemindaian vertikal maupun horisontal, dan hasil pengujian menggunakan usability test dengan melibatkan 27 responden menunjukkan sebanyak 91,53% responden setuju bahwa aplikasi mudah digunakan, 94,18% responden setuju bahwa informasi visual dapat dilihat dengan jelas, 93,65% reponden berpendapat bahwa informasi visual yang ditampilkan mudah diingat 96,83 responden menikmati menggunakan aplikasi untuk mempelajari obyek bangunan bersejarah lawang sewu dan 96,83% responden tertarik untuk untuk menggunakan aplikasi ini kembali nantinya untuk obyek virtual yang lain. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa aplikasi virtual tour bisa dikembangkan menggunakan AR berbasis web dan menyarankan penggunaannya secara luas untuk virtual tour obyek visual yang lain.


Keywords


Virtual Tour, Augmented Reality Berbasis Web, Usability Test.

Full Text:

PDF

References


Barone Rodrigues, A., Dias, D. R. C., Martins, V. F., Bressan, P. A., & Guimarães, M. de P. (2017). WebAR: A web-augmented reality-based authoring tool with experience API support for educational applications. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 10278 LNCS, 118–128. https://doi.org/10.1007/978-3-319-58703-5_9

Baskoro, D. H., & Mudakir, Y. B. (2013). Analisis Kunjungan Objek Wisata Lawang Sewu Di Kota Semarang. 2, 1–9.

Dasuka, Y.P, Sasmito, B., H. (2014). Jurnal Geodesi Undip Jurnal Geodesi Undip. ANALISIS SEBARAN JENIS VEGETASI HUTAN ALAMI MENGGUNAKAN SISTEM PENGINDERAAN JAUH (Studi Kasus : Jalur Pendakian Wekas Dan Selo), 3(April), 28–43.

Haryani, P., & Triyono, J. (2017). Augmented Reality (Ar) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 807. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1614

Ika Devi Perwitasari. (2008). Teknik Marker Based Tracking Augmented Reality Untuk Visualisasi Anatomi Organ Tubuh Manusia Berbasis Android. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.

Ismayani, A. (2020). Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=HV_aDwAAQBAJ

ji, Y., Zhou, J., Tan, P., & Fu, T. (2019). Exploring Traditional Handicraft Learning Mode Using WebAR Technology. Proceedings of Asian CHI Symposium 2019: Emerging HCI Research Collection, 136–140. https://doi.org/10.1145/3309700.3338453

Jurnal Media Informatika Budidarma Vol 4 No 1 Januari 2020. (2020). Green Press. https://books.google.co.id/books?id=GJHgDwAAQBAJ

Karisma, A. (2020). Dampak Pandemi Corona Terhadap Bisnis Perjalanan dan Wisata di Indonesia. SSRN Electronic Journal, 120510180016.

Nurhadryani, Y., Sianturi, S. K., Hermadi, I., & Khotimah, H. (2013). Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 2(2), 83. https://doi.org/10.29244/jika.2.2.83-93

Pramono, B. A. (2012). Desain Dan Implementasi Augmented Reality Berbasis Web Pada Aplikasi Furniture Shopping Manager Sebagai Alat Bantu Belanja Online. Jurnal Transformatika, 10(1), 26. https://doi.org/10.26623/transformatika.v10i1.67

Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M. P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=RnA-DwAAQBAJ

Qiao, X., Ren, P., Dustdar, S., Liu, L., Ma, H., & Chen, J. (2019). Web AR: A Promising Future for Mobile Augmented Reality-State of the Art, Challenges, and Insights. Proceedings of the IEEE, 107(4), 651–666. https://doi.org/10.1109/JPROC.2019.2895105

Rizky, R. (n.d.). Panduan Membuat Aplikasi Augmented Reality: Membuat Aplikasi Augmented Reality Sederhana untuk Pemula. Athana Studio. https://books.google.co.id/books?id=BQHLDwAAQBAJ

Tahyudin, I., Fitriyani, N. A., Dewiyanti, N., Amin, M. S., Firdaus, M. Y., & Utama, F. P. N. (2015). Inovasi Promosi Obyek Wisata Menggunakan Teknologi Augmented Teality (AR) Melalui Layar berbasis Android. Jurnal Telematika, 8(1), 1–13.

Tahyudin, I., & Saputra, D. I. S. (2015). Aplikasi Augmented Reality ( AR ) Sebagai Inovasi Promosi Objek Wisata di Kabupaten Purbalingga. 660–665.

Tan, P., Hills, D., Ji, Y., & Feng, K. (2020). Case Study: Creating Embodied Interaction with Learning Intangible Cultural Heritage through WebAR. Extended Abstracts of the 2020 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, 1–6. https://doi.org/10.1145/3334480.3375199




DOI: https://doi.org/10.26877/jitek.v6i2/Nov.7100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Barcode ISSN Jurnal JITEK:

p-ISSN                               e-ISSN

         

JITEK telah terindeks pada: 

        


Creative Commons License

JITek: Jurnal Ilmiah Teknosains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licensep-ISSN (Print) 2460-9986 | e-ISSN (Online) 2476-9436.

Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/jitek.

Situs Togel