Game Creative Ukir Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle Di Sd Negeri 05 Pecangaan Wetan

Sarwido Sarwido Sarwido, Akhmad Khanif Zyen, fima aldiya aldiyan

Abstract


Seni ukir atau ukiran merupakan gambar hiasan dengan bagian-bagian bawah (kruwikan) dan cembung (buledan) yang membentuk suatu gambar yang indah. Pengertian ini berkembang hingga dikenal sebagai seni ukir yang merupakan seni membentuk gambar pada kayu, batu, atau bahan-bahan lain. Dengan permasalahan diatas maka peneliti bertujuan untuk merancang game edukasi creative ukir yaitu aplikasi game belajar sambil bermain dan dibuat dengan aplikasi Construct 2 dengan menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle metode dan RAD. Game dengan tujuan untuk menggali minat belajar anak akan materi pelajaran sambil bermain, sehingga awalnya permainan hanya bekerja sebagai media, akhirnya dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Sehingga anak akan lebih merasa senang dan diharapkan anak akan lebih mudah memahami tentang materi pembelajaran yang diberikan oleh pengajar. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi Game Creative Ukir yang dirancang untuk memberikan peserta didik mengenai motif-motif ukir, dapat mengetahui jenis-jenis dan motif ukir-ukiran sejak usia dini, dan secara tidak langsung aplikasi ini dapat membantu dalam budaya ukir . Hasil pengujian dari aplikasi ini untuk Ahli Media mencapai 100% dan kriteria sangat layak, untuk Ahli Materi 100% dan kriteria sangat layak, serta responden masyarakat/wali peserta didik 96,78% yang menghasilkan kesimpulan sangat layak. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan oleh SD Negeri 05 Pecangaan Wetan untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi Game Creative Ukir yang dirancang untuk memberikan peserta didik mengenai motif-motif ukir, dapat mengetahui jenis-jenis dan motif ukir-ukiran sejak usia dini, dan secara tidak langsung aplikasi ini dapat membantu dalam budaya ukir . Hasil pengujian dari aplikasi ini untuk Ahli Media mencapai 100% dan kriteria sangat layak, untuk Ahli Materi 100% dan kriteria sangat layak, serta responden masyarakat/wali peserta didik 96,78% yang menghasilkan kesimpulan sangat layak. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan oleh SD Negeri 05 Pecangaan Wetan untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi Game Creative Ukir yang dirancang untuk memberikan peserta didik mengenai motif-motif ukir, dapat mengetahui jenis-jenis dan motif ukir-ukiran sejak usia dini, dan secara tidak langsung aplikasi ini dapat membantu dalam budaya ukir . Hasil pengujian dari aplikasi ini untuk Ahli Media mencapai 100% dan kriteria sangat layak, untuk Ahli Materi 100% dan kriteria sangat layak, serta responden masyarakat/wali peserta didik 96,78% yang menghasilkan kesimpulan sangat layak. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan oleh SD Negeri 05 Pecangaan Wetan untuk digunakan dalam pembelajaran. sehingga dapat mengetahui jenis-jenis dan motif ukir-ukiran sejak usia dini, dan secara langsung aplikasi ini dapat membantu dalam budaya ukir. Hasil pengujian dari aplikasi ini untuk Ahli Media mencapai 100% dan kriteria sangat layak, untuk Ahli Materi 100% dan kriteria sangat layak, serta responden masyarakat/wali peserta didik 96,78% yang menghasilkan kesimpulan sangat layak. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan oleh SD Negeri 05 Pecangaan Wetan untuk digunakan dalam pembelajaran. sehingga dapat mengetahui jenis-jenis dan motif ukir-ukiran sejak usia dini, dan secara langsung aplikasi ini dapat membantu dalam budaya ukir. Hasil pengujian dari aplikasi ini untuk Ahli Media mencapai 100% dan kriteria sangat layak, untuk Ahli Materi 100% dan kriteria sangat layak, serta responden masyarakat/wali peserta didik 96,78% yang menghasilkan kesimpulan sangat layak. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan oleh SD Negeri 05 Pecangaan Wetan untuk digunakan dalam pembelajaran. 78% yang menghasilkan kesimpulan sangat layak. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan oleh SD Negeri 05 Pecangaan Wetan untuk digunakan dalam pembelajaran. 78% yang menghasilkan kesimpulan sangat layak. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan oleh SD Negeri 05 Pecangaan Wetan untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Ukir, Game, Algoritma Fisher Yates Shuffle, RAD, Construct 2, Android




DOI: https://doi.org/10.26877/jiu.v8i2.13095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sarwido Sarwido Sarwido, Akhmad Khanif Zyen, fima aldiya aldiyan



Creative Commons License
Jurnal Informatika Upgris by Program Studi Informatika UPGRIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.