KEEFEKTIFAN METODE BERNYANYI BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI BANGUN DATAR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KEBONSARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode bernyanyi berbantu media audio visual pada materi bangun datar terhadap pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 1 Kebonsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kebonsari. Sampel yang diambil 11 peserta didik dengan jumlah 7 peserta didik laki-laki dan 4 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Dari nilai pretest menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas adalah 54,82 sedangkan nilai posttest menunjukkan nilai rata-rata adalah 85,55 dan berdasarkan analisis uji-t diperoleh thitung sebesar (12,070) ttabel sebesar (2,080) dapat disimpulkan thitung > ttabel artinya Ho ditolak maka rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan tidak sama. Juga ditunjukkan pada tes ketuntasan klasikal, hasil pretest mencapai ketuntasan ketuntasan belajar klasikal 27%. Hasil posttest mencapai ketuntasan belajar sebesar 82%. Suatu kelas dikatakan tuntas apabila terdapat ≥64% peserta didik telah tuntas belajar. Dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan metode bernyanyi berbantu media audio visual efektif terhadap pemahaman peserta didik pada materi bangun datar kelas IV SD Negeri 1 Kebonsari.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v33i3.11644
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v33i3.11644.g5291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]