PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (MPG) PADA MATERI MATRIKS UNTUK SISWA KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Model Pembelajaran Generatif (MPG)pada materi Matriks untuk kelas XI SMA yang valid, praktis, dan untuk mengetahui efek potensial e-modul terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). Objek penelitian ini adalah kualitas e-modul pada materi Matriks berbasis MPG yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket validasi, angket respon peserta didik dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid, penilaian kevalidan terlihat dari hasil validasi oleh validator berdasarkan aspek isi, konstruk dan bahasa dengan hasil penilaian kevalidan sebesar 83% dan dikategorikan sangat valid. E-modul juga dikatakan praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan hasil penilaian rata-rata sebesar 73% untuk kelompok kecil (Small group) dan 82% untuk kelompok besar, serta e-modul dikatakan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai sebesar 77% dengan memenuhi kriteria baik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v34i1.12453
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v34i1.12453.g5563
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: majalahlontar@upgris.ac.id