Penerapan Model Pbl Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mengurutkan Gambar Kelas Ii Sd Negeri Bendungan

Novia Aristiani, Suyoto Suyoto, Anysatul Chayati

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IIA SDN Bendungan pada materi mengurutkan gambar  melalui model pembelajaran PBL berbantuan media Visual. Peneltian dilakukan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan PTK terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IIA SDN Bendungan berjumlah 26 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data melalui observasi dan tes evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media visual mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IIA pada Materi mengurutkan gambar . Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Pada siklus I diperoleh presentae rata-rata klasikal hasil belajar aspek kognitif sebesar 76% kategori baik, pada diklus II mengalami peningkatan rata-rata klasikal hasil belajar sebesar 92%, kategori sangat baik. Sedangkan pada aspek psikomotorik siklus I diperoleh rata-rata klasikal sebanyak 80% kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan dengan peorlehan rata-rata klasikal 96% kategori sangat baik,


Keywords


PBL; Media Visual; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Budiman, Haris. 2016. Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 7. 171-182.

Fauzia, Awalia. H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Makurikulum merdeka a Sd. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol. 7(1). 40-47.

Hamalik, O. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2015. Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kusuma, Dani. dkk. 2022. Peningkatan Hasil belajar IPA Tema 3 Subtema 2 Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IV. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2). 388-396.

Kuswandi, Dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Kurikulum merdeka Kelas I SD. Edcomtech, 1(2). 129-135.

Majid. A. 2014. Pembelajaran Kurikulum merdeka Terpadu. PT Remaja Rosdakarya.

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1). 171-187.

Sarwi, Marciana. dkk. 2022. Penerapan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan ISswa Kelas IV SDN 2 Mantingan. Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2). 181-182.

Sufairoh. 2016. Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3). 117- 122.

Suprihatiningrum. 2014. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). 103-111.




DOI: https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18740

DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18740.g8179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]