Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Pembelajaran Tematik di SDN Karanganyar Gunung 02

Mayky Verra Angelia, Qoriati Musafanah, Siti Kusniati

Abstract


Penelitian bertujuan menganalisis penerapan model Problem Based Learning berbantuan media multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas III di SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 24 siswa sebagai penerima tindakan, sedangkan yang memberikan tindakan adalah peneliti dan wali kelas III. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Tahap penelitian terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, tes setiap siklus dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif meningkat dari tahap prasiklus yaitu 22,8%  siswa tuntas dan 79,2%% siswa tidak tuntas. Penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Multimedia hasil belajar kognitif siswa meningkat siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 45,8% dan 54,2% tidak tuntas. Sedangkan, pada siklus II  dilakukan refleksi sehingga mengalami peningkatan dari siklus I dengan capaian ketuntasan sebesar 83,3% siswa tuntas dan 16,7% siswa tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang.


Keywords


Model Problem Based Learning, Media Multimedia; Hasil Belajar; Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Amalia, M.D. (2017). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2),Hal.186. Doi: https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.9850.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta :Rineka Cipta.

Arsil. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 1-9.

Hayati et al. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1549-1558.DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6534.

Layyina et al. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall pada Siswa Kelas V SDN Peterongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3370-3378.

Lidnillah, A. H., & Mawardi, I. (2015). Praktik Gharar Pada Hubungan Bisnis UMKM-Eksportir Furnitur di Jepara. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(2). 108-127. doi: https://doi.org/10.20473/vol2iss20152pp108-129.

Mardiyati, Sri. (2014). Model Pembelajaran TIK Untuk Meningkatkan Pengaturan Diri Dalam Belajar Siswa. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 1(1). Hal: 63-86. Doi: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v1i1.338.g320.

Mina, N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Interaksi Sosial Kelas VII D SMP Negeri 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(4), 2312-2336.

Neolaka, A., & Grace, A. A. (2015). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.

Qalbi, Z., & Saparahayuningsi. (2020). Penggunaan Blended-Problem Based Learning Di Masa Covid-19 Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Kuliah Kreativitas D.an Kebebakatan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 1-11. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8600.g3788.

Verasanti et al. (2021). Penerapan Model problem Based Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Kimia Siswa. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(3), 282-291. Doi: https://doi.org/10.23887/jpku.v1i2.404.

Wulandari et al. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal on Education, 5(2), 3929-3936.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.




DOI: https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18758

DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v35i2.18758.g8193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]