PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V B SDN BUGANGAN 03 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media Artificial Intelligence (AI) pada pembelajaran IPAS kelas V B SDN Bugangan 03 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kurt Lewin dengan 4 tahapan yaitu; perencanaan; tindakan; observasi dan refelksi. Adapun subjek penelitian ini berupa siswa kelas V B sebanyak 27 peserta didik yang terdiri atas 12 laki-laki dan 15 perempuan. Adapun teknik pengumpalan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa tes tertulis yang dilaksanakan pada tiap awal dan akhir siklus pembelajaran. Sedangkan, teknik non tes berupa teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi selama penelitian berlangsung. Analisis yang dilakukan menggunakan penilaian skor N-Gain dan dideskpsikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil siklus I diperoleh 74 % siswa dinyatakan tuntas dalam pemberian tindakan media Artificial Intelligence (AI). Pada siklus II diperoleh 74% siswa dinyatakan tuntas. Sedangkan pada siklus III diperoleh 96% siswa dinyatakan tuntas. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan media Artificial Intelligence (AI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B pada mata pelajaran IPAS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat Sd. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72–80.
A.Mertler, Craig. Penelitian Tindakan Kelas. 3rd ed. Jakarta: PT. Indeks, 2014.
Ahmad, Amar. “PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI: AKAR REVOLUSI DAN BERBAGAI STANDARNYA.” Jurnal Dakwah Tabligh 13, no. 1 (2012): 13.
Aqib, Zainal. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.
Arsyad, Ahmad. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafinndo Persada, 2011. Bloom, Taksonomi. “Taksonomi Bloom (Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor) serta Identifikasi Permasalahan Pendidikan di Indonesia” (n.d.). Accessed January 10, 2020. http://p3ai.polsri.ac.id/admin/assets/files/7325Taksonomi%20Bloom.pdf.
Fitrianingtyas, Anggraini. “Peningkatan Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Discovery Learning Peserta didik Kelas IV SDN Gedanganak 02.” e- Jurnal Mitra Pendidikan 1, no. 6 (August 7, 2023): 708–720.
Hadi, Sumasno. “PEMERIKSAAN KEABSAHAN DATA PENELITIAN KUALITATIF PADA PENELITIAN TINDAKAN KELAS” (n.d.): 6.
Haryanto. Sains Untuk SD/MI Untuk Kelas V. Jakarta: Erlangga, 2019. Hasan, Hamid. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Ismi Maghfiroh dan Imroatul Maufidhoh, “Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Melalui Media Puzzle Maker Pada Siswa Sekolah Dasar.” e-jurnal Pendidikan Dasar (24 Agustus 2023).
Kusuma, Wijaya, and Dedi Dwitagaman. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks, 2016.
Mukminan. “Tantangan Pendidikan Abad 21” Presented at the Seminar Nasional Pendidikan 2014 Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendayagunaan Teknologi Pendidikan, Prodi Teknologi Pendidikan-Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabay, November 29, 2014. Accessed December 22, 2019. http://staffnew.uny.ac.id/upload/130682770/penelitian/ba-28-mkltp-unnesatantangan- pddk-di-abad-21.pdf.
Sanjaya, Wina. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri, 2012.
Siahaan Mangapul dkk, “Penerapan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Seorang Penyandang Disabilitas Tunanetra.” Journal of Information System and Technology, Vol.01 No 02, Nov 2020, pp.186-193 (24 Agustus 2023)
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafinndo Persada, 2011.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta, 2006.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2016.
Sutrisno, Valiant Lukad Perdana, and Budi Tri Peserta didiknto. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK KELISTRIKAN OTOMOTIF SMK DI KOTA YOGYAKARTA.” Jurnal Pendidikan Vokasi 6, no. 1 (March 16, 2016): 111.
Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006. Undang-Undang, 2006. Republik Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18759
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v35i2.18759.g8194
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]