Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Berbantuan Media Papan Ludo Kelas 3 Sd Negeri Kalicari 01

Raka Bagas Kara, Duwi Nuvitalia, Tutik Wahyuni

Abstract


Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas III SDN Kalicari 01 dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus terdiri atas empat tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumulan data dalam penelitian ini adalah tes, pedoaman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Hasil belajar aspek pengetahuan mengalami peningkatan pada muatan Bahasa Indonesia siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 59,25% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,88%. Pada muatan PPKn siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 55,55% dan siklus II memperoleh 85,18%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan pada siswa kelas III SDN Kalicari 01, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Papan Ludo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 


Keywords


Problem Based Learning; Hasil Belajar; Papan Ludo

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Bumi Aksara.

Anugraheni, I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789

Aqib, Zaenal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Fathurrohman, M. (2017) Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-ruzz Media.

Indriana, Diana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.

Jannah, M. M., Wiyatmo, Yusman. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Minat Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 240-248.

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningsih, S. A., Pritandhari, Meyta. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Ludo pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Purnama Trimurjo. e-ISSN 2442-9449. Vol. 7 No. 1, 50-59.

Pertiwi, M. D., Suhabuddin, E. S., Latif, R. A. 2022. Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 3 Bulusan. Pinisi Journal PGSD. Vol. 2, No. 1, 298-306. https://ojs.unm.ac.id/pjp/article/view/29005

Suyono, Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Saputra, Y. A., Susilowati, A. R. 2021. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD. Vol. 5, No 2, 2579-6151 https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/11307/6479

Wulandari et al. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal on Education, 5(2), 3929-3936.




DOI: https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18761

DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18761.g8197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]