Pembelajaran Sastra yang Efektif, Kontekstual, dan Inovatif

Ngatmini .

Abstract


Pembelajaran sastra pada kurikulum KTSP sebagai perbaikan kurikulum sebelumnya belum mampu mewujudkan keinginan para sastrawan. Para sastrawan kecewa karena sastra hanya dipenggal sehingga kebermaknaan karya sastra hilang. Hal ini disebabkan adanya sistem dan kebijakan yang berlaku tidak saling konsisten dan konsekuen. Namun, guru dapat tetap memperhatikan kebermaknaan pembelajaran sastra agar siswa setelah mengikuti pendidikan akan memperoleh kehalusan budi, perubahan sikap serta kepribadian yang baik. Dalam hal ini diperlukan cara atau strategi yang tepat sehingga peserta didik mendapatkan semua itu. Pembelajaran yang efektif, inovatif, dan kontekstual sebagai alternatif untuk mencapai hakikat pembelajaran sastra, yaitu dengan menciptakan ketertarikan agar berminat, menyisipkan teori, mengaitkan nilai sastra dengan kehidupan, variasi strategi pembelajaran aktif, dan variasi media.

?é?á

Kata-kata kunci: Pembelajaran, sastra, efektif,?é?á inovatif,?é?á kontekstual.


Full Text:

File Full Text


DOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v23i4.231

DOI (File Full Text): https://doi.org/10.26877/jml.v23i4.231.g202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Majalah Lontar Indexed by:

________________________________________________________________

Copyright of Majalah Lontar ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Ibnu Fatkhu Royana, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 856 0088 6600
Email: [email protected]

dentoto
suge789

titi4d

titi4d

titi4d

8kuda4d

8kuda4d

kientoto

kientoto

kembang128

kembang128

https://silon-stage.kpu-ri.org/

kembang128

situs toto

monas128

manta128

Manta128

Manta128

manta128

manta128

senja128

tuna128

toto

Astro128

astro128

gampangtoto

winsortoto

rasa4d

rasa4d

rasa4d

toto

toto

situs toto

situs toto