ANALISIS MINAT MEMBACA PERMULAAN DENGAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI KEDUNGMUNDU SEMARANG
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi kurangnya minat membaca pada siswa di sekolah dasar. Kurangnya minat membaca siswa tentu akan menjadi kendala guru dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Penanaman minat membaca biasanya diberikan pada anak usia dini melalui membaca permulaan. Membaca permulaan dapat menggunakan media dari benda nyata atau melalui gambar salah satunya dengan menggunakan buku cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Kedungmundu Semarang. Tujuan penelitian adalah menjelaskan dan mendeskripsikan analisis minat membaca permulaan dengan menggunakan buku cerita bergambar pada siswa kelas II SD Negeri Kedungmundu Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini minat membaca permulaan pada siswa kelas II cukup baik. Dari 28 siswa kelas II, siswa yang memiliki minat membaca rendah sebanyak 4 siswa. Faktor yang menyebabkan minat membaca rendah adalah kurangnya bimbingan belajar membaca permulaan oleh orang tua di rumah atau siswa tersebut memiliki kekurangan fisik. Membaca permulaan dengan menggunakan buku cerita bergambar mampu menarik minat siswa untuk membaca karena terdapat banyak gambar yang menarik dan membuat siswa lebih memahami isi dari buku tersebut.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v34i1.8499
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v34i1.8499.g5562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: majalahlontar@upgris.ac.id