Pemanfaatan Lingkungan Rumah Sebagai Media Untuk Mewujudkan Kreativitas Anak Usia Dini

Wahyu Tuti Listiowati, Nila Kusumaningtyas

Abstract


ABSTRAK

 

Aspek perkembangan dan kreativitas pada anak usia dini harus distimulus dengan baik, sebagai upaya untuk menumbuhkan potensi yang dimiliki. Proses pembelajaran yang menarik dapat dilakukan dimana saja, salah satunya di lingkungan rumah. Rumah sebagai tempat utama anak dalam mendapatkan informasi, dapat menjadi media bagi anak untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan dan yang penting untuk meningkatkan kreativitas anak. Lingkungan rumah terdapat  berbagai macam benda dan bagian-bagian di dalamnya yang mampu menunjang proses kreativitas anak dalam berkegiatan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan lingkungan rumah dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dari beberapa referensi yang relevan. Hasil analisis dapat terlihat bahwa lingkungan rumah memberikan banyak manfaat dan kemudahan untuk menciptakan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini.

 

Kata Kunci: Lingkungan rumah, Kreativitas, Anak Usia Dini

 

ABSTRACT

 

Development creativity aspect in early childhood must be stimulated properly, as an effort to grow their potential. An interesting learning process can be done anywhere, one of them is in the home environment. Home as the main place for children to get information, can be a medium for children to develop developmental aspects and which is important to increase creativity in early childhood. The home environment has various kinds of objects and parts in it that are able to support the creative process of children in activities. The purpose of writing this article is to describe how the use of the home environment in increasing the creativity of early childhood. The method used is a literature review of several relevant references. The results of the analysis can be seen that the home environment provides many benefits and conveniences for creating a learning process that can increase the creativity of early childhood.

Keywords: Home environment, Creativity, Early Childhood 

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v33i3.8994

DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v33i3.8994.g5060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]