To make it easier to verify articles, prospective authors are requested to attach a cellphone number or contact our admin number when creating an account.
EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FONOVELA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP
Linda Dwi Anggraini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media fotonovela melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran problem based pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar sehingga menghasilkan media pembelajaran yang valid (layak), 2) pada uji coba dilapangan digunakan untuk mengetahui keefektifan rata-rata hasil belajar ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain model ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Mlonggo tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang diambil secara acak sebanyak tiga kelas. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh 85.65% dan ahli media 84.82%, memiliki kriteria sangat baik. Hasil angket tanggapan siswa sebesar 81.5%. dari uji coba dilapangan diperoleh hasil ketuntasan belajar individual untuk kelas eksperimen terdapat 37 dan kelas konrol 29 siswa yang mampu memenuhi KKM sebesar 70. Sedangkan untuk ketuntasan belajar klasikal untuk kelas eksperimen 93% dan kelas kontrol 73%. Dapat disimpulkan bahwa media fotonovela melalui pendekatan saintifik dengan model problem based learning efektif digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP N 1 Mlonggo Jepara tahun ajaran 2014/2015.