Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Perbandingan Pada Siswa Kelas V

Anggun Cintya Dewantari, F. Soufika Hilyana, Diana Ermawati

Abstract


Penelitian ini berawal dari permasalahan yaitu adanya siswa yang kurang bersemangat dalam menyelesaikan soal cerita, ada beberapa siswa yang dalam menyelesaikan soal matematika masih bingung dalam menyelesaikan soal dengan cara/langkah yang berbeda-beda, selain itu siswa cenderung malas untuk menyelesaikan soal secara mandiri dengan langkah yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dalam kategori tinggi dalam kemampuan matematis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilakukan di SD 1 Peganjaran. Dua orang siswa kelas V dan seorang guru kelas V yang menjadi informan dalam penelitian tersebut. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.16315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats