MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS VIIC TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu pertama bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode kooperatif model Learning Together pada siswa kelas VIIC tahun pelajaran 2009/2010? , kedua bagaimanakah pengaruh metode kooperatif model Learning Together terhadap motivasi belajar siswa kelas VIIC tahun pelajaran 2009/2010?. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIC SMP Negeri 21 Semarang tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 22 siswa. Observasi dibagi dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan 2, dimana masing-masing ?é?ásiklus dikenai perlakuan yang sama (alur kegiatan yang sama) dan membahas satu sub-pokok bahasan yang diakhiri dengan tes formatif di akhir masing siklus.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa metode kooperatif model Learning Together memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (54,54%) dan siklus II (94,45%). Penerapan metode kooperatif model Learning Together mempunyai pengaruh positif, yaitu ditunjukan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II dan antusiasme siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan metode kooperatif model Learning Together semakin meningkatkan motivasi belajar siswa.
Beberapa saran yang dapat peneliti berikan terkait dengan hasil penelitian diantaranya sebelum melaksanakan metode kooperatif model Learning Together guru hendaknya dapat menyesuaikan ketersediaan waktu dengan materi yang akan dipelajari, sehingga topik yang dipilih sesuai dengan metode kooperatif model Learning Together. Selain itu guru hendaknya lebih sering melatih siswa dengan kegiatan berbagai metode pengajaran, walau dalam taraf yang sederhana, dimana siswa nantinya dapat menemukan pengetahuan baru, memperoleh konsep dan keterampilan
?é?á
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Learning Together
Full Text:
Full TextDOI: https://doi.org/10.26877/aks.v3i1/Maret.227
Refbacks
- There are currently no refbacks.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika