EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 8 SEMARANG DALAM MATERI INTEGRAL

Almiati .

Abstract


Mata pelajaran matematika di SMK Negeri 8 Semarang sampai saat ini masih dianggap oleh sebagian besar siswa sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami dan menjenuhkan, sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu guru perlu mengusahakan pembelajaran yang lebih menarik dan bervariasi dalam memilih model pembelajaran yang efektif sesuai dengan situasi dan kondisi dari siswa dan materi yang diajarkan. Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah pembelajaran matematika dengan penggunaan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa SMK Negeri 8 Semarang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika siswa SMK Negeri 8 Semarang melalui penggunaan model pembelajaran two stay two stray. ?é?áPenelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan , pelaksanaan tindakan , observasi dan refleksi. Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XII RPL1?é?á SMK Negeri 8 Semarang pada tahun pelajaran 2011/2012 sedang objeknya adalah pembelajaran materi integral pada mata pelajaran Matematika yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus kedua rata-rata hasil belajar 81,29 , ketuntasan hasil belajar 88,57% dan persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran 85%. Hasil ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar ?óÔÇ??Ñ 85% dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran ?óÔÇ??Ñ 80%, yang berarti sudah ada peningkatan kualitas pembelajaran matematika siswa SMK Negeri 8 Semarang melalui penggunaan model pembelajaran two stay two stray.

?é?á

Kata Kunci : kualitas pembelajaran matematika, model pembelajaran two stay two stray, ?é?á?é?á?é?áhasil belajar.


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v3i1/Maret.230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats