To make it easier to verify articles, prospective authors are requested to attach a cellphone number or contact our admin number when creating an account.
PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII H SEMESTER I SMP N 1 GUBUG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
sri mulyani
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa berupa kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah, kerjasama dan keaktifan siswa dalam kelompok kelas VII H SMP Negeri I Gubug Kompetensi Dasar Aritmatika Sosial dengan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Dari hasil perhitungan analisis data uji kompetensi I dari 24 siswa yang mengikuti tes, diperoleh hasil bahwa pada siklus I yang mendapat nilai ³ 74 ada 18 siswa dan yang mendapat nilai £ 74 ada 6 siswa. Rata-rata kelas yang diperoleh adalah 79,5 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikalnya adalah 66,67 % tuntas dan 33,33 % tidak tuntas. Sedangkan dari analisis data uji kompetensi II dari 24 siswa yang mengikuti tes, diperoleh hasil bahwa pada siklus II yang mendapat nilai ³ 74 ada 22 siswa dan yang mendapat nilai £ 74 ada 2 siswa. Rata-rata kelas yang diperoleh adalah 83,75 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikalnya adalah 91,67 % tuntas dan 8,33 % tidak tuntas. Dari hasil penelitian diajukan beberapa masukan dan saran yaitu pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat digunakan sebagai pembelajaran alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Amin Moh. Panduan Praktis PTK untuk Penilaian Angka Kredit Guru. Edisi 1, April 2011. Grobogan: Penerbit Inspirasi.
Buku Panduan Bermutu 2, Model-model Pembelajaran tahun 2010
Cholik A M, Sugiyono, 2014.Matematika untuk SMP/Mts Kelas VII .Penerbit Erlangga Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama
Hamaliki, 139, Gozali,Suhito:1992.5 tentang hasil belajar
Nuharini Dewi, Wahyuni Tri 2008, BSE Matematika Konsep dan Aplikasinya 1 untuk SMP/MTs kelas VII Penerbit Pusat Perbukuan Dep Pendidikan Nas, CV Usaha Makmur
Permendiknas no 22 tahun 2006 tentang tujuan pelajaran Matematika
Miftahul Huda, April 2014 Model-Model Pemgajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradikmatis, Penerbit Pustaka Pelajar Yogyakarta