To make it easier to verify articles, prospective authors are requested to attach a cellphone number or contact our admin number when creating an account.
STUDI PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI TRAINING DAN YANG TIDAK MENGIKUTI TRAINING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 64 AMBON
La Suha Ishabu
Abstract
Pendidikan merupakan sarana mutlak dalam mewujudkan masyarakat madani yang mampu menguasai, mengembangkan, mengendalikan dan memamfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Training adalah suatu proses pemberian bantuan belajar secara terus-menerus dan sistematis kepada individu atau peserta didik dalam memecahkan masalah yang dihadapinya yang berkaitan dengan kegiatan belajar di Sekolah. Rumusan dalam penelitian ini adalah ?óÔé¼?ôapakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti Training dan yang tidak mengikuti Training pada siswa Kelas VI SD Negeri 64 Ambon. Sedemikian sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti Training dan yang tidak mengikuti Training pada siswa kelas VI SD Negeri 64 Ambon dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif komparatif. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 25 Pebruari ?óÔé¼ÔÇ£ 23 Maret 2015, dengan Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 64 Ambon berjumlah 20 siswa. Berdasarkan tes hasil belajar yang diberikan pada siswa, terlihat adanya perbedaan antara siswa yang ikut Training dan siswa yang tidak mengikuti Training. Hal ini nampak dari nilai rata ?óÔé¼ÔÇ£ rata siswa yang mengikuti trainer sebesar 17,79 dan nilai rata-rata siswa yang tidak trainer sebesar 16,72. Berdasarkan Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti Training dan yang tidak mengikuti Training pada siswa kelas VI SD Negeri 64 Ambon. Kata Kunci : Training, Stasistik Inferensi, Hasil Belajar