Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Strategi Problem Based Learning Materi Perkalian Bersusun

dinda salsabila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifk menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) untuk menyelesaikan permasalahan perkalian bersusun Peserta didik kelas III di SD Negeri 01 Bawang Tirtomulyo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah pendidik kelas III di SD Negeri 01 Bawang Tirtomulyo. Sedangkan objek penelitian adalah perangkat pembelajaran yang berupa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Proses pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara secara online dengan menggunakan Whatsapp Group serta studi literatur. Teknik analisis data penelitian meliputi data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dapat dihasilkan suatu perangkat pembelajaran berupa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dapat digunakan untuk melakukan praktik pembelajaran pada materi perkalian berususun di tingkat Sekolah dasar.

 

Kata kunci: Pembelajaran  Daring; Pendekatan saintifik; Perkalian Bersusun


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.7998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats