Analisis kemampuan eksplorasi matematis siswa kelas VIII pada materi statistika

Euis Siti Nurbaya

Abstract


Kemampuan eksplorasi matematis merupakan salah satu kemampuan matematika yang berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menggali dan memahami lebih dalam lagi terhadap materi pada pembelajaran Matematika. Untuk mengetahui kemampuan eksplorasi matematis siswa dapat diketahui dengan cara memberikan tes soal berbasis eksplorasi yang meliputi 5 indikator kemampuan eksplorasi, diantaranya: 1) memahami masalah; 2) memeriksa pola; 3) melakukan pencarian secara informal; 4) memperjelas upaya penyelesaian masalah; dan 5) simbolisasi. Berdasarkan hal demikian, maka dilakukanlah penelitian dengan tujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan eksplorasi matematis siswa kelas VIII di SMPN 2 Karawang Timur pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian kelas VIII E SMPN 2 Karawang Timur. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh niali rata-rata hasil tes kemampuan eksplorasi matematis siswa sebesar 38,03 di bawah rata-rata nilai idela. Kemampuan eksplorasi matematis siswa pada kategori tinggi adalah siswa sudah memenuhi empat indikator, namun belum mampu dalam menjelaskan upaya penyeseaian masalah dengan lengkap.  Siswa dengan kategori kemampuan eksplorasi sedang sudah mampu dalam memenuhi tiga indikator, namun belum mampu memperjelas penyelesaian masalah dan simbolisasi sebagaimana siswa kategori tinggi, namun perbedaannya pada proses simbolisasi. Sementara untuk siswa dengan kemampuan ekplorasi rendah hana mampu memenuhi satu indikator bahwa siswa mampu mengamati dan mencari jawaban yang tepat dari grafik distribusi frekuensi yang tersedia.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

I Mustain. (2015). Kemampuan Membaca Dan Interpretasi Grafik Dan Data: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 8 Smpn. Scientiae Educatia, 5(2). Retrieved from www.syekhnurjati.ac.id

Lestari, A., Nopela, L. A., & Lorenza, S. (2020). Deskripsi kemampuan eksplorasi mahasiswa dalam pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 114–122.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Nasional, U. S. P. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

Nurhasanah, N., Suherman, E., & Lestari, P. B. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Peningkatan Kemampuan Eksplorasi Matematika pada Siswa. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 10–19.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Ramadhan, A. N. I. (2015). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Eksplorasi matematis Siswa. Karawang.

Shadiq, F. (2011). Eksplorasi Matematika di SD/MI: Contohnya, Pengertiannya, dan Keunggulannya. 1–7.

Siregar, N. C., & Marsigit, M. (2015). Pengaruh Pendekatan Discovery Yang Menekankan Aspek Analogi Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, Kecerdasan Emosional Spiritual. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 224. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7336

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Sufri Mashuri. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Suherman, E. (2008). Model Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Educare, 5(2), 31–43.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 5(2), 148–158. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/139

Susilawati, E., Syaf, A. H., & Susilawati, W. (2017). Pendekatan Eksplorasi Berbasis Intuisi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Analisa, 3(2), 138–147. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2015

Wijaya, T. T., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smk. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 53. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p53-60




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.9015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats