ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNITIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

Ipah Budi M, Azizul Ghofar CW

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pola keterampilan berpikir kritis dan
metakognitif mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas
PGRI Semarang. Penelitian ini melibatkan mahasiswa di semester 2 dan
semester 4 yang terdiri dari 66 mahasiswa. Keterampilan berpikir kritis dan
metakognitif diukur secara kuantitatif menggunakan tes essay yang dinilai
dengan rubrik keterampilan metakognitif dan rubrik Hart untuk ketermpilan
berpikir kritis. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan
dilanjutkan dengan analisis korelasi product moment dilanjutkan dengan
analisis regresi untuk menentukan pola hubungan dari keterampilan berpikir
kritis dan metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebaran
keterampilan Keterampilan berpikir kritis dan metakognitif berkisar dalam
rentang cukup. Disamping itu, ditemukan adanya hubungan yang positif antara
keterampilan berpikir kritis dan metakognitif dan pola garis regresi sebesar Y=
22.380 + 0.659 X.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v6i1.1472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed by:
 

 


Web
Analytics View My Stats



Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi by Biology Education  Universitas PGRI Semarang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.