KEEFEKTIFAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA

Vita Kusumawati, Rivana Citraning R

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Learning Cycle
(LC) 5E terhadap pemahaman konsep dan keterampilan generik siswa materi
invertebrata SMA N 1 Mranggen. Pengambilan data penelitian dilaksanakan
bulan Maret 2016. Subjek penelitian adalah kelas X IPA 2. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini ada pre-experimental design dengan
desain one group pretest-posttest design. Hasil rata-rata posttest pemahaman
konsep (83,4) siswa lebih tinggi dibandingkan hasil pretest (61,4). Analisis
data menggunakan uji N-gain dan uji t, hasil perhitungan uji N-gain data tes
pemahaman konsep menunjukkan hasil sedang yaitu 0,56. Hasil analisis uji t
pretest-posttest pemahaman konsep terdapat perbedaan secara signifikan
dengan thitung 13,64 dan ttabel 2,65 (thitung>ttabel). Begitu juga dengan
keterampilan generik, hasil rata-rata posttest keterampilan generik (89,2) lebih
tinggi dibandingkan dengan hasil pretest (63,4). Hasil perhitungan uji N-gain
keterampilan generik siswa menunjukkan hasil tinggi yaitu 0,71. Hasil analisis
uji t pretest posttest keterampilan generik terdapat perbedaan secara signifikan dengan thitung 15,61 dan ttabel 2,65 (thitung>ttabel). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle (LC) 5E efektif untuk
meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan generik siswa.
Kata kunci : keterampilan generic, learning Cycle 5E, pemahaman konsep

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v5i1.1497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot online

slot gacor slot