EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TRANSPOR MEMBRAN BERMUATAN ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMA

Puput Wulandari, Eny Hartdiyati W.H, Atip Nurwahyunani

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the effectiveness of membrane transport learning which contains ethnoscience for cognitive learning outcomes and entrepreneurial interests in SMAN 1 Kendal students. The instrument of data collection are question and questionnaire. The results are average pretest score of experiment class is 49,67 and posttest score is 83,50. Besides, control class have 52,17 and 72,33 as average pretest score and posttest score respectively. Both class are classified to medium category based on N-gain value (the value of experiment class is 0,67 and 0,44 for control class). Those class have significant difference result of t test both in posttest score and entrepreneurial interest (p <0,05). The conclusion of this research is that the ethnoscience of salted egg production in membrane transport learning is significantly effective (p <0,05) for cognitive learning outcomes and entrepreneurial interest of SMA N 1 Kendal students. Key words: cognitive learning outcomes, entrepreneurial interest, ethnosains,  salted egg

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas pembelajaran transport membran bermuatan etnosains terhadap hasil belajar kognitif dan minat berwirausaha siswa SMA. Instrumen pengambilan data menggunakan butir soal, dan angket. Hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 49,67 dan nilai posttest sebesar 83,50;  pada kelas kontrol rata-rata pretest sebesar 52, 17 dan nilai posttest sebesar 72,33;  N-gain kelas eskperimen maupun kelas kontrol pada kategori sedang, demikian juga pada kelas kontrol (nilai N gain kelas eksperimen sebesar 0,67, kelas kontrol sebesar 0,44); uji t pretest posttest kelas eksperimen maupun kelas kontrol menunjukkan berbeda secara signifikan (p<0,05); uji t posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan berbeda secara signifikan (p<0,05); minat berwirausaha kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan berbeda secara signifikan (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah  bahwa etnosains produksi telur asin dalam pembelajaran transport membran efektif secara signifikan (p<0,05) terhadap  hasil belajar kognitif dan minat berwirausaha siswa.

 

Kata kunci : hasil belajar kognitif, minat wira usaha, etnosains, telur asin

Full Text:

pdf


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v7i1.2537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot gacor thailand situs toto

situs judi bola

macau303

togel 4d

slot toto

Rahasia Petir Kakek Zeus Yang Bikin Auto Jutawan Kakek Zeus Murka Hadiah Besar Siap Diguyur Tanpa Ampun Strategi Pamungkas Kakek Zeus Banyak Yang Belum Tahu Ledakan Petir Kakek Zeus Bawa Kejutan Tak Terduga Main Kakek Zeus Dengan Trik Ini Dijamin Panennya Gila
Rahasia Dewa Mahjong Bukti4D Bongkar Trik Menang Maksimal Bukti4D Mahjong Ways 2 Perjalanan Menuju Kemenangan Tak Terduga Bukti4D Peluang Tersembunyi Mahjong Ways 2 Temukan Harta Karunnya Bukti4D Mahjong Ways 2 Cara Cerdas Kuasai Papan Raih Kejayaan Bukti4D Strategi Jitu Taklukkan Mahjong Ways 2 Auto Profit