UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA

Wahyu Widayaningsih

Abstract


ABSTRACT

Problems which were raised in this research are the low students’ activity and their poor achievements during the teaching and learning process, especially in human movement system topic. Hence, the researcher implemented contextual approach with group discussion to stimulate students’ active activity and improve their scores. This study utilized classroom action research in which there were four steps for each cycle, namely planning, acting, observing, and reflecting. Data were divided into two, primary (researcher’s action) and secondary (documentation). Those data were collected through interview, students’ worksheets, teacher’s observation and written test. Data were analyzed descriptively. The results showed that the students’ activity from cycle 1 to 3 respectively are 71.88 %, 84.38 %, and 90.62 %; meanwhile the average scores of students’ achievement are 55.31; 69.55; and 79.38 respectively. It can be concluded that by implementing contextual approach with group discussion, students’ activity and achievements during teaching and learning the human movement system topic are improved.

 

Keywords: contextual learning, human movement system, student’s achievement, students‘ activity

 

ABSTRAK

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia, sehingga peneliti menerapkan pendekatan kontekstual dengan diskusi kelompok untuk merangsang siswa lebih aktif dan hasil belajar siswa lebih meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu peneliti yang melakukan tindakan dan siswa yang menerima tindakan dan sumber data sekunder yang berupa data dokumentasi. Data diperoleh melalui wawancara, lembar aktivitas siswa, observasi kinerja guru dan tes tertulis. Teknik analisis yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Hasil ditunjukkan dengan persentase keaktifan siswa; hasil siklus 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah 71,88 %, 84,38 %, dan 90,62 %. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa hasil siklus 1,2 dan 3 berturut-turut 55,31; 69,55; dan 79,38. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kontekstual dengan diskusi kelompok, keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia meningkat.

 

Kata kunci:  pembelajaran kontekstual, sistem gerak pada manusia, hasil belajar siswa, keaktifan siswa

Full Text:

pdf


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v7i1.2543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot gacor thailand situs toto

situs judi bola

macau303

togel 4d

slot toto

Rahasia Petir Kakek Zeus Yang Bikin Auto Jutawan Kakek Zeus Murka Hadiah Besar Siap Diguyur Tanpa Ampun Strategi Pamungkas Kakek Zeus Banyak Yang Belum Tahu Ledakan Petir Kakek Zeus Bawa Kejutan Tak Terduga Main Kakek Zeus Dengan Trik Ini Dijamin Panennya Gila
Rahasia Dewa Mahjong Bukti4D Bongkar Trik Menang Maksimal Bukti4D Mahjong Ways 2 Perjalanan Menuju Kemenangan Tak Terduga Bukti4D Peluang Tersembunyi Mahjong Ways 2 Temukan Harta Karunnya Bukti4D Mahjong Ways 2 Cara Cerdas Kuasai Papan Raih Kejayaan Bukti4D Strategi Jitu Taklukkan Mahjong Ways 2 Auto Profit